Pemkota Jaktim Beri Paket Makanan Bagi Warga Isolasi Mandiri

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Beri Paket Makanan Bagi Warga Isolasi Mandiri

Selama pandemi COVID-19 di Indonesia, seperti diketahui Jakarta adalah daerah yang memiliki kasus positif COVID-19 paling banyak. Hampir setiap harinya angka positif COVID-19 mengalami kenaikan. Tercatat pada tanggal 27 Maret 2020 melalui corona.jakarta.go.id di DKI Jakarta, pasien yang dirawat sebanyak 324 orang, 29 orang sembuh, 49 orang meninggal dan 113 orang melakukan isolasi mandiri.

Segenap pihak pun berupaya mencegah penularan COVID-19. Terkait dengan isolasi mandiri, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menyiapkan makanan siap saji selama dua pekan bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri terkait kasus COVID-19.

Pemkot Jaktim Beri Paket Makanan Bagi Warga Isolasi Mandiri

"Kami menyiapkan satu paket per jiwa untuk 14 hari. Kalau dalam satu kepala keluarga ada lima orang, maka lima paket kami siapkan," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah, seperti dilansir Antara (27/03/2020).

[Baca Juga: Menerka-nerka Nasib Tradisi Mudik Lebaran Kala Pandemi COVID-19]

Irmansyah mengatakan bantuan itu hanya berlaku bagi warga ber-KTP DKI yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien yang positif terinfeksi COVID-19. Kondisi itu juga harus dilengkapi keterangan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta atau pihak rumah sakit yang menerangkan bahwa pasien tersebut harus menjalani proses isolasi mandiri. "Kami juga akan cek lagi keterangan dari kelurahan, RW, maupun RT bahwa benar orang tersebut mengisolasi diri bersama keluarga," katanya.

Bila seluruh persyaratan telah lengkap, pihaknya akan mendistribusikan bantuan makan siap saji atau bahan makanan yang dapat dimasak sendiri di rumah. "Bantuan ini untuk mempermudah orang tersebut selama menjalani isolasi diri di rumah," ujar Irmansyah.

[Baca Juga: Ketahui Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan COVID-19]

Sekadar informasi, payung hukum isolasi diri berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02/01/MENKES/202/2020 yang dikeluarkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Surat edaran itu ditujukan kepada kementerian atau lembaga, gubernur hingga wali kota. Seluruh pemimpin jajaran dalam organisasi tersebut diminta menginstruksikan para jajarannya menerapkan isolasi mandiri.

Menurut surat edaran Menteri Terawan, orang yang sebaiknya mengisolasi diri adalah mereka yang memiliki gejala COVID-19, seperti demam, batuk, pilek dan sakit pernapasan. Selain itu, mereka yang memiliki riwayat berpergian ke negara dan daerah penularan COVID-19 juga disarankan untuk melakukan isolasi mandiri.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.