Pemkot Jakarta Timur Canangkan Pembentukan Kampung Inggris

Pendidikan

Pemkot Jakarta Timur Canangkan Pembentukan Kampung Inggris

Tidak bisa dipungkiri Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi aspek yang penting untuk dikuasai oleh para pelajar, khususnya sebagai bekal mereka nantinya. Oleh karena itulah Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur pun ingin mencanangkan didirikannya Kampung Inggris di wilayahnya, khususnya di lingkungan lembaga pendidikan Jakarta Timur. Pemkot Jakarta Timur tidak sendiri dalam proses pembentukan Kampung Inggris ini. Pasalnya, mereka juga turut menggandeng pihak YES Kampung Inggris dari Kediri untuk membantu program pendidikan ini.

Pembahasan mengenai pencanangan Kampung Inggris ini dibahas Pemkot Jakarta Timur dalam rapat koordinasi yang digelar pada 23 September 2019 di Ruang Pola Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakatar Timur. Dalam rapat ini juga turut hadir perwakilan YES Kampung Inggris Indonesia Pare yang berasal dari Kota Kediri, Jawa Timur.

Pemkot Jakarta Timur Canangkan Pembentukan Kampung Inggris

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto menyebut, kerjasama antara pihaknya dengan YES Kampung Inggris dipandang dapat membantu para pelajar dari tingkat SMP hingga SMA dan SMK diberikan ruang untuk mendalami bahasa Inggris. “Ini merupakan upaya pemerintah dalam memberikan wadah dengan menghadirkan informasi manfaat mengenai lembaga pendidikan Bahasa Ingris bagi pelajar di lingkungan Kota Jakarta Timur,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (24/9/2019).

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Menariknya, Kampung Inggris ini disebut tidak hanya berguna untuk para pesertanya. Pasalnya, pembelajaran di sini akan menjadi bekal bagi para pelajar yang ikut dalam program ini untuk menjadi tutor dan kelak dapat membantu proses pembentukan ekosistem pembelajaran bahasa Inggris di sekolah lainnya di wilayah Jakarta Timur.

“Tentunya kita harapkan itu nantinya bagi pelajar yang telah lulus sekolah dan telah mengikuti pendidikan bahasa Inggris ini dapat bereproduktif dan berdaya dengan menjadi tutor bahasa Inggris di seluruh sekolah di Jakarta Timur. Teknisnya nanti akan dilakukan oleh Kepala Suku Dinas Pendidikan wilayah I dan II Kota Jakarta Timur,” tambah Uus.

[Baca Juga: Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya]

Sebagaimana dilansir dari jakarta.tribunnews.com (23/9/2019), Kepala Suku Dinas Pendidikan wilayah I Muhammad Roji menjelaskan, salah satu realisasi program Kampung Inggris adalah adanya English Day serta zona kawasan bahasa Inggris di sekolah-sekolah Jakarta Timur. “Intinya buka untuk pengiriman siswa ke Kampung Inggris di Kediri. Tapi Pak Wali Kota menangkapnya kalau di Kediri saja bisa bikin komunitas Kampung Inggris, kenapa di Jakarta Timur tidak,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.