Pemkot Jakarta Timur Lirik Jadikan Kawasan BKT Sebagai Kampung Buah.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Lirik Kawasan BKT Sebagai Kampung Buah

Pada tahun 2021 Kementerian Pertanian terus bekerja dalam upaya pengembangan kampung hortikultura seperti kampung buah yang ditujukan untuk menghasilkan komoditas yang dipandang paling menguntungkan di situasi pandemi COVID-19. Oleh karena itu di tahun ini sudah ada lebih dari 1000 kampung hortikultura yang tersebar di wilayah Tanah Air dan dalam waktu dekat konsep ini juga disinyalir akan diterapkan di wilayah Ibu Kota. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur berencana membangun kampung buah di kawasan Banjir Kanal Timur atau BKT.

Rencana ini dibahas Pemkot Jakarta Timur dalam Rapat Koordinasi Perencanaan Program Pembuatan Kampung Buah di Kantor Wali Kota Jakarta Timur pada 6 September 2021. Di mana dalam rapat yang dipimpin Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar bersama elemen pemkot terkait memaparkan dukungan terhadap program Kementerian Pertanian dan Perhutanan terkait Kampung Buah di seluruh Indonesia. Apalagi pihak Kementan melalui Keputusan Direktorat Jenderal Hortikultura anakn memberian bantuan sarana produksi dalam pendirian kampung buahnya.

Pemkot Jakarta Timur Lirik Jadikan Kawasan BKT Sebagai Kampu ng Buah.jpg

Dari sisi Anwar sendiri, ia memandang kehadiran kampung buah di wilayah BKT dapat membantu upaya peningkata pangan warga di sana sekaligus melakukan penataan terhadap lahan di BKT melalui pemanfaatan. Untuk menunjukkan keseriusannya, Pemkot Jakarta Timur sudah memiliki target jenis buah apa yang akan ditanam pada tahapan awal di kampung buah BKT nanti.

”Saat ini kita fokuskan pada kampung buah di wilayah BKT di Kelurahan Duren Sawit dan Malaka Sari. Ini menjadi keseriusan kita bersama. Nantinya akan ditanamkan 500 pohon mangga dan 500 alpukat,” tutur Wali Kota Jakarta Timur itu, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (6/9/2021).

Dari sisi realisasinya nanti, Anwar melanjutkan, Pemkot Jakarta Timur akan menggandeng warga melalui pemberdayaan masyarakat dan bekerjasama dengan para pemangku kepentingan. Di mana kedua aspek ini penting dalam rangka menanamkan cinta lingkungan di kawasan BKT melalui pengadaan kampung buah.

Dari sisi titik pastinya pendirian, menurut Pelaksana Tugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur Ali Nurdin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberikan lampu hijau. Izin disebut dalam rangka menjadikan area BKT yang memiliki luas 20.000 meter di sisi selatan dan 10.000 meter di sisi utaranya itu sebagai ikon kota Jakarta Timur melalui kampung buah.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.