Pemkot Jakarta Timur Pastikan Gelar CFD di Wilayahnya.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Pastikan Gelar CFD di Wilayahnya

Gelaran Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) Jakarta sempat dibayangi kritikan banyak pihak. Pasalnya, memicu kerumunan dengan orang dari berbagai wilayah di sekitar Jabodetabek yang datang ke ruas jalan Sudirman-Thamrin padahal pandemi COVID-19 masih terus membayangi. Oleh karena itulah CFD Jakarta pun dialihkan ke berbagai lokasi di Ibu Kota dengan salah satunya yang dipastikan menggelar kegiatan HBKB adalah di kawasan Jakarta Timur.

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur disebut siap menggelar CFD di wilayahnya pada akhir pekan ini, tepatnya pada tanggal 28 Juni 2020. Namun Pemkot Jakarta Timur menegaskan, kegiatan ini akan berbeda dengan CFD Jakarta sebelumnya. Di mana HBKB ini difokuskan untuk kegiatan berolahraga bukan kumpul-kumpul sehingga tak boleh ada yang menggelar lapak dagangan.

Pemkot Jakarta Timur memilih lokasi digelarnya HBKB di Jalan Pemuda, Jalan Inspeksi Kanal Banjir Timur (KBT), Jalan Raden Inten Duren Sawit, Jalan RA Fadilah Cijantung, dan Jalan Bina Marga Cipatung. Dengan orang-orang yang ingin ikut kegiatan ini dipastikan harus menjalani protokol kesehatan COVID-19. Dari mulai menggunakan masker, menjaga jarak aman, membawa hand sanitizer, dan mencuci tangan secara tepat dengan sabun.

Pemkot Jakarta Timur Pastikan Gelar CFD di Wilayahnya .jpg

“Karena dalam masa PSBB Transisi, warga hanya boleh melakukan olahraga mandiri seperti jalan santai, bersepeda, dan dilarang melakukan olahraga yang berkerumun. Tidak boleh ada aktivitas perdagangan,” ucap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Timur Kusmanto, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (26/6/2020).

Apa yang disampaikan Kusmanto sejalan dengan apa yang ditentukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada pekan ini. Di mana CFD Jakarta di Sudirman-Thamrin ditiadakan dan dialihkan ke 32 wilayah penggantinya. Dengan HBKB diprioritaskan untuk olahraga semata secara mandiri. Bahkan nanti akan ada anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang siap berjaga dan memastikan semua orang menerapkan protokol kesehatan atau siap dijatuhkan sanksi yang sesuai dengan aturan PSBB Masa Transisi Jakarta.

Pada HBKB Jakarta Timur, Kusmanton menyebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan anggotan TNI serta Polri untuk membantu mengantisipasi kemacetan. Di mana nantinya akan ada jalur alternatif yang disiapkan.

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.