Pemkot Jakarta Timur Sebar Ratusan Ribu Ikan di Situ Rawa Badungpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Sebar Ratusan Ribu Ikan di Situ Rawa Badung

Baru-baru ini Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur mengunjungi danau ikonik, yakni Situ Rawa Badung yang berada di Jalan KRT. Radjuan, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung. Di mana kunjungan ini digelar dalam rangka untuk menebarkan ratusan ribu ekor ikan nila di sana. Kegiatan ini disinyalir demi meningkatkan gizi masyarakat dengan para warga yang bisa menangkap ikan di Situ Rawa Badung guna dikonsumsi.

Kegiatan yang digelar Suku Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (Sudin KPKP) Jakarta Timur ini diadakan pada pekan lalu. Dengan Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto yang turut hadir untuk memimpin proses penyebaran ikan di danau yang memang kerap dijadikan lokasi pemancingan tersebut.

Pemkot Jakarta Timur Sebar Ratusan Ribu Ikan di Situ Rawa Badung

Jumlah ikan yang disalurkan Sudin KPKP Jakarta Timur disebut mencapai angka 200.000 ekor untuk jenis ikan nila. Namun tidak seluruh ikan tersebut dilepaskan di Situ Rawa Badung dengan 100.000 ekor yang disebar di sana dan 100.000 ekor lainnya diserahkan untuk para pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) serta pembudidaya kolam gizi yang berada di kawasan Kecamatan Cakung.

Pihak Pemkot Jakarta Timur menjelaskan, penyebaran ikan nila memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah ikan yang berada di Situ Rawa Badung. Di mana ini diharapkan guna menjaga populasi ikan di perairan umum itu tetap terjaga. Selain itu, terkait penyaluran kepada pengelola RPTRA, langkah ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat.

[Baca Juga: Ada Budidaya Ikan Nila di RPTRA Amanah Jakarta Utara]

“Selain ini bertujuan membantu kebutuhan masyarakat Kota Jakarta Timur, khusus di Kecamatan Cakung dari haris menangkap ikan dengan cara memancing di Situ Rawa Badung ini. Dan, jangan menggunakan jaring,” tegas Uus, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (6/12/2019).

Dengan penyebaran ratusan ribu ikan nila ini, menurut Uus maka manfaat yang dapat terasa adalah meningkatnya produksi tangkap ikan di Situ Rawa Badung. Namun di sisi lain Wakil Wali Kota Jakarta itu juga meminta peran andil masyarakat sekitar danau tersebut untuk turut menjaga Situ Rawa Badung.

[Baca Juga: Sambut HUT Ke-74 RI Warga Kelurahan Setu Gelar Festival Waduk Setu]

Nah, ini yang kita harapkan bagi seluruh warga dalam menjaga kelestarian Situ Rawa Badung. Jika bersih dan asri, tentunya kolaborasi masyarakat bersama pemerintah dapat mewujudkan Situ rawa Badung sebagai destinasi wisata dengan konsep wisata air, dan berbagai kewirausahaan kuliner seperti apa yang diinginkan masyarakat selama ini,” pungkasnya.

Pada pertengahan tahun 2019, warga Kelurahan Jatinegara memang menyuarakan ingin agar Pemkot Jakarta Timur dapat ikut bergerak untuk menjadikan Situ Rawa Badung menjadi lokasi wisata. Karena wisata di sini dipandang dapat membantu mereka dalam segi ekonominya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.