Pemkot Jakarta Timur Siap Hadapi Musim Hujan.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Siap Hadapi Musim Hujan

Beberapa waktu belakangan ini Kota Jakarta kembali diguyur hujan. Bahkan durasi turunnya hujan tak menentu, bisa terjadi dari pagi hingga sore hari. Akibatnya, hal tersebut membuat di beberapa titik terjadi genangan atau banjir.

Menyikapi kondisi tersebut, Wakil Walikota Jakarta Timur Uus Kuswanto memimpin kesiapsiagaan antisipasi bencana banjir di Kecamatan Cakung. Seperti bagaimana diketahui, wilayah Cakung memang selalu menjadi langganan banjir di kala musim hujan.

Uus Kuswanto mengunjungi empat lokasi langganan banjir di wilayah Cakung yakni kawasan Krama Yuda Kelurahan Rawa Terate, Pintu Air Cakung Draine, SDN 04 Cakung Barat RT 018 RW 07 dan embung atau waduk wilayah Cakung Timur.

[Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan]

Dalam kegiatan monitoring kesiapsiagaan antisipasi bencana banjir, Uus Kuswanto didampingi Asisten Pemerintahan Jakarta Timur Andi Kohar, dan Kepala Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab serta Camat Cakung Alamsyah.

“Memonitoring dalam rangka memasuki musim penghujan dan mengecek kesiapsiagaan posko bencana dan sarana prasarana untuk bencana banjir, khususnya di wilayan Kecamatan Cakung, Jakarta Timur,” ujar Uus Kuswanto seperti dikutip timur.jakarta.go.id (28/1/2019).

Kunjungan Pemkot Jakarta Timur ke Pintu Air Cakung Draine

Memasuki musim penghujan, wilayah Cakung menjadi langganan banjir. Untuk itu, tujuan monitoring ini juga untuk melihat kesiapsiagaan jajaran yang ada di bawahnya. Dengan begitu, pihaknya menargetkan jangan ada genangan dan banjir di seluruh wilayah Jakarta Timur, khususnya di Rawa Terate dan Cakung Barat yang memang selalu menjadi langganan banjir.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah melakukan pembuatan embung atau penampungan air hujan seluas tiga hektare. Pembuatan embung tersebut, diterangkan Uus Kuswanto, dilakukan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur.

Pembuatan embung ini menjadi upaya untuk menampung air dan meminimalisir genangan di Jakarta Timur. Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan kegiatan normalisasi saluran air di seluruh wilayah Jakarta Timur.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Targetkan 1 Juta Biopori]

“Salah satu upaya menampung air dan meminimalisir genangan di wilayah Jakarta Timur. Saluran air juga dinormalisasi agar berjalan dengan baik sehingga tidak ada saluran yang tersendat atau tidak berfungsi dengan baik hingga menimbulkan genangan,” kata Uus Kuswanto.

Selain itu, Uus Kuswanto mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur juga membangun posko bencana di kantor kelurahan dan kecamatan. Sehingga, setiap ada informasi terkait genangan dan banjir yang diterima bisa segera ditinjaklanjuti.

“Ke depan kami akan terus melaksanakan kegiatan pengecekan pintu air dan pompa air apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Intinya, Jakarta Timur siap menghadapi musim hujan. Dan harapannya, seluruh petugas dan Sudin terkait dapat melaksanakan dengan baik agar Jakarta Timur bebas genangan dan banjir,” kata Uus Kuswanto.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.