Pemkot Jakarta Timur Siap Gelar Aksi Cetak Rekor Mencanting Batik Terbanyak Secara Virtualt.jpg

Kecantikan dan Fashion

Pemkot Jakarta Timur Siap Pecahkan Rekor Membatik Virtual

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur baru-baru ini menggelar rapat terkait bentuk kegiatan yang akan mereka gelar di momen Hari Batik Nasional pada Oktober nanti. Di mana pihak pemkot memiliki cara unik untuk perayaan penetapan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari UNESCO itu. Di mana Pemkot Jakarta Timur berupaya memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia dengan melibatkan 1.000 orang yang mencanting batik bersamaan secara virtual.

Pada rapat yang langsung dipimpin Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar itu disebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan bukan hanya memperkenalkan budaya batik tapi juga metode membatik itu sendiri melalui canting. Apalagi kegiatan ini disinyalir bisa menarik perhatian dengan harapan memberikan manfaat, mengingat upaya pemecahan rekor MURI ini digelar secara serentak di 79 lokasi di Jakarta Timur.

“Kita akan coba 1.000 orang mencanting batik yang melibatkan ASN, warga, guru, dan siswa di Jakarta Tumur. Insya Allah dari 1.000 orang itu ada beberapa warga yang menjadi profesional bisa melakukan usaha mencanting batik,” tutur Anwar, sebagaimana dikutip dari Timur.Jakarta.go.id (16/9/2021).

Pemkot Jakarta Timur Siap Gelar Aksi Cetak Rekor Mencanting Batik Terbanyak Secara Virtual.jpg

Orang nomor satu di Jakarta Timur itu melanjutkan, walau kegiatan ini bertujuan memecahkan rekor MURI tapi menurut Anwar, ia juga ingin aksi 1.000 orang mencanting batik secara virtual ini juga dapat bermanfaat langsung bagi warganya. Di mana ia memandang, kegiatan ini juga dapat mengisi waktu kosong di momen pandemi dengan mencanting batik.

Dari sisi persiapannya, Anwar menuturkan, telah siap semua dan awalnya akan digelar pada 4 Oktober 2021 bertepatan dengan momen Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Namun karena adanya ujian CPNS pada 4-8 Oktober 2021, Pemkot Jakarta Timur memutuskan memundurkan kegiatan mencanting batik virtual ini ke tanggal 12 Oktober 2021.

Sebenarnya upaya pencetakan rekor MURI ini sudah direncanakan sejak awal Juni 2021 yang diagendakan digelar pada momen HUT DKI Jakarta ke-494. Di mana saat itu tema yang diangkat pada gambar batiknya adalah Pintu Air KBT Malaka Sari yang dtujukan untuk semakin menggali potensi-potensi yang ada di Jakarta Timur.


Read More

Artikel Lainnya

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.