Pemkot Jakarta Timur Targetkan Kurangi Sampah 20 Persen

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Targetkan Kurangi Sampah 20 Persen

Masalah sampah masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Terkait hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menargetkan untuk mengurangi volume sampah hingga 20 persen dari total sampah yang dihasilkan per hari. Tiap per harinya, jumlah sampah yang dihasilkan dapat mencapai 15.000 ton.

Guna merealisasikan target tersebut, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengaku bila diperlukan sarana dan prasarana yang memadai agar sampah yang ada dapat dikelola dengan baik. Adapun sejauh ini, upaya yang telah dilakukan oleh pemkot setempat diantaranya seperti pengadaan bank sampah.

Pemkot Jakarta Timur Targetkan Kurangi Sampah 20 Persen

Sampai saat ini, telah ada 257 bank sampah yang tersebar di Jakarta. Ke depan, Anwar berharap 707 RW di Jakarta Timur memiliki bank sampah.

"Kita butuh sarana prasarana untuk mendukung target pengurangan volume sampah agar sampah bisa dikelola dengan baik dan dapat terjadi pengurangan volume sampah hingga 20 persen," ujar Anwar, dilansir dari beritajakarta.go.id (11/3/2020).

[Baca Juga: Metode Bank Sampah Kumala Jadi Percontohan Negara Filipina]

Upaya lain yang dilakukan Pemkot Jaktim yakni dengan mengajak warga agar tak membuang sampah sembarangan dang mengurangi penggunaan sampah plastik. Selain itu, masyarakat juga diimbau agar menggunakan tumbler sebagai tempat minum.

“Ke depan kita juga minta bantuan mesin pencacah ke unit teknis agar bisa dimanfaatkan untuk penanganan sampah. Karena bank sampah masih banyak membutuhkan mesin pencacah," katanya.

[Baca Juga: Nasabah Bank Sampah Wijaya Kusuma Bisa Dapat Emas]

Target 20 persen tersebut juga sama angkanya dengan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan ditetapkannya Peraturan Gubernur DKI Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat. Dari Pergub tersebut, DKI menargetkan pengurangan jumlah sampah per hari sebanyak 20 persen atau sekitar 1.658 ton per hari.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.