Pemkot Jakarta Timur Targetkan Kurangi Sampah 20 Persen

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Targetkan Kurangi Sampah 20 Persen

Masalah sampah masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Terkait hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menargetkan untuk mengurangi volume sampah hingga 20 persen dari total sampah yang dihasilkan per hari. Tiap per harinya, jumlah sampah yang dihasilkan dapat mencapai 15.000 ton.

Guna merealisasikan target tersebut, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengaku bila diperlukan sarana dan prasarana yang memadai agar sampah yang ada dapat dikelola dengan baik. Adapun sejauh ini, upaya yang telah dilakukan oleh pemkot setempat diantaranya seperti pengadaan bank sampah.

Pemkot Jakarta Timur Targetkan Kurangi Sampah 20 Persen

Sampai saat ini, telah ada 257 bank sampah yang tersebar di Jakarta. Ke depan, Anwar berharap 707 RW di Jakarta Timur memiliki bank sampah.

"Kita butuh sarana prasarana untuk mendukung target pengurangan volume sampah agar sampah bisa dikelola dengan baik dan dapat terjadi pengurangan volume sampah hingga 20 persen," ujar Anwar, dilansir dari beritajakarta.go.id (11/3/2020).

[Baca Juga: Metode Bank Sampah Kumala Jadi Percontohan Negara Filipina]

Upaya lain yang dilakukan Pemkot Jaktim yakni dengan mengajak warga agar tak membuang sampah sembarangan dang mengurangi penggunaan sampah plastik. Selain itu, masyarakat juga diimbau agar menggunakan tumbler sebagai tempat minum.

“Ke depan kita juga minta bantuan mesin pencacah ke unit teknis agar bisa dimanfaatkan untuk penanganan sampah. Karena bank sampah masih banyak membutuhkan mesin pencacah," katanya.

[Baca Juga: Nasabah Bank Sampah Wijaya Kusuma Bisa Dapat Emas]

Target 20 persen tersebut juga sama angkanya dengan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan ditetapkannya Peraturan Gubernur DKI Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat. Dari Pergub tersebut, DKI menargetkan pengurangan jumlah sampah per hari sebanyak 20 persen atau sekitar 1.658 ton per hari.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.