Pemkot Jakarta Utara Ajak Warga Peringati Hari Bebas Kantung Plastik

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Ajak Warga Peringati Hari Bebas Kantong Plastik

Setiap tanggal 3 Juli, dunia merayakan Plastic Bag-Free Day atau Hari Bebas Kantong Plastik. Pada hari tersebut, masyarakat serta pemerintah internasional menyoroti pentingnya untuk menghentikan penggunaan kantong plastik. Hal ini dikarenakan kantong plastik yang membutuhkan waktu lama untuk terurai sehingga menjadi polusi yang membahayakan lingkungan. Hal serupa pun turut dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara (Jakut) yang meminta warganya untuk ikut kampanye Anti-Kantong Sampah Plastik.

Dalam momen peringatan Hari Bebas Kantong Plastik, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim ikut membuka suaranya. Ia mengingatkan masyarakat untuk selalu bijak dalam penggunaan plastik. Pasalnya, menurut Ali, masyarakat di wilayah utara Ibu Kota perlu menyadari bahaya dari penggunaan plastik yang tidak tepat atau bijak terhadap lingkungan.

Pemkot Jakarta Utara Ajak Warga Peringati Hari Bebas Kantung Plastik

“Lewat (hari-red) peringatan ini, kami (Pemkot Jakut) mengajak masyarakat untuk menggunakan kantong yang ramah lingkungan yang tidak sekali pakai. Plastik itu kan sulit terurai hingga ratusan tahun. Mari kita mulai bijak mengurangi penggunaan plastik,” ujar pria yang sudah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jakut semenjak tahun 2018 tersebut, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (4/7/2019).

[Baca Juga: Kurangi Konsumsi Plastik, Penggunaan Tumbler Terus Digencarkan]

Selain warga, jajaran serta pegawai di lingkungan Pemkot Jakut juga telah disosialisasikan melakukan upaya mengurangi penggunaan sampah plastik. Jauh sebelum Hari Bebas Plastik, tepatnya sejak akhir Januari 2019, Ali Maulana Hakim mengajak para Aparatur Sipil Negara untuk membawa tempat minum sendiri atau tumbler.

Ajakan membawa tempat minum ini dipicu oleh sampah plastik yang menjadi salah satu pemicu datangnya banjir. Mengingat, tumpukan sampah plastik disebut kerap menyumbat saluran-saluran air di kawasan Jakut dan ketika hujan maka luapan air pun tak terhindari. “Di kantor Wali Kota sudah kita upayakan tidak lagi menyediakan air mineral dalam plastik. Seluruh pegawai membawa tumbler,” ucap Ali.

[Baca Juga: Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang]

Lingkungan pasar di Jakut juga menjadi bagian dari sosialisasi mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik. Menurut Ali, program pengurangan sampah, khususnya dari plastik, telah diterapkan di 27 pasar milik Perumda Pasar Jaya. Di mana program ini sudah sejalan dengan kegiatan strategis daerah yang dikeluarkan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.