Pemkot Jakarta Utara Ajak Warga Peringati Hari Bebas Kantung Plastik

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Ajak Warga Peringati Hari Bebas Kantong Plastik

Setiap tanggal 3 Juli, dunia merayakan Plastic Bag-Free Day atau Hari Bebas Kantong Plastik. Pada hari tersebut, masyarakat serta pemerintah internasional menyoroti pentingnya untuk menghentikan penggunaan kantong plastik. Hal ini dikarenakan kantong plastik yang membutuhkan waktu lama untuk terurai sehingga menjadi polusi yang membahayakan lingkungan. Hal serupa pun turut dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara (Jakut) yang meminta warganya untuk ikut kampanye Anti-Kantong Sampah Plastik.

Dalam momen peringatan Hari Bebas Kantong Plastik, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim ikut membuka suaranya. Ia mengingatkan masyarakat untuk selalu bijak dalam penggunaan plastik. Pasalnya, menurut Ali, masyarakat di wilayah utara Ibu Kota perlu menyadari bahaya dari penggunaan plastik yang tidak tepat atau bijak terhadap lingkungan.

Pemkot Jakarta Utara Ajak Warga Peringati Hari Bebas Kantung Plastik

“Lewat (hari-red) peringatan ini, kami (Pemkot Jakut) mengajak masyarakat untuk menggunakan kantong yang ramah lingkungan yang tidak sekali pakai. Plastik itu kan sulit terurai hingga ratusan tahun. Mari kita mulai bijak mengurangi penggunaan plastik,” ujar pria yang sudah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jakut semenjak tahun 2018 tersebut, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (4/7/2019).

[Baca Juga: Kurangi Konsumsi Plastik, Penggunaan Tumbler Terus Digencarkan]

Selain warga, jajaran serta pegawai di lingkungan Pemkot Jakut juga telah disosialisasikan melakukan upaya mengurangi penggunaan sampah plastik. Jauh sebelum Hari Bebas Plastik, tepatnya sejak akhir Januari 2019, Ali Maulana Hakim mengajak para Aparatur Sipil Negara untuk membawa tempat minum sendiri atau tumbler.

Ajakan membawa tempat minum ini dipicu oleh sampah plastik yang menjadi salah satu pemicu datangnya banjir. Mengingat, tumpukan sampah plastik disebut kerap menyumbat saluran-saluran air di kawasan Jakut dan ketika hujan maka luapan air pun tak terhindari. “Di kantor Wali Kota sudah kita upayakan tidak lagi menyediakan air mineral dalam plastik. Seluruh pegawai membawa tumbler,” ucap Ali.

[Baca Juga: Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang]

Lingkungan pasar di Jakut juga menjadi bagian dari sosialisasi mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik. Menurut Ali, program pengurangan sampah, khususnya dari plastik, telah diterapkan di 27 pasar milik Perumda Pasar Jaya. Di mana program ini sudah sejalan dengan kegiatan strategis daerah yang dikeluarkan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.