Pemkot Jakarta Utara Berencana Segera Dirikan Pojok Baca

Pendidikan

Pemkot Jakarta Utara Berencana Segera Dirikan Pojok Baca

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta beberapa waktu terakhir memiliki agenda yang ditujukan untuk semakin meningkatkan warga Ibu Kota. Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) telah menggelar beberapa program yang direalisasikan untuk agenda ini. Dengan salah satunya adalah pojok baca yang sudah didirikan di sejumlah titik di Jakarta dan baru-baru ini Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara juga akan mengadakan program serupa untuk tahun ini di wilayahnya.

Pemkot Jakarta Utara Berencana Segera Dirikan Pojok Baca

Di Jakarta Utara sendiri, pendirian pojok baca ini akan dilaksanakan Suku Dinas Persip Jakarta Utara. Di mana target utama pendiriannya akan dilakukan di kawasan PAUD negeri dalam bentuk ruang pojok baca, kemudian di ruang pelayanan publik dalam bentuk pojok baca, serta ruang publik dengan taman bacaan.

“Ruang pojok baca akan disiapkan di kantor kecamatan, kelurahan, PAUD Negeri, rumah susun, RSUD Koja, Taman Maju Bersama, Rumah Baca Engkong, dan lain-lain. Ratusan buku bacaan, rak buku, dan pengelola akan mengisi ruangan pojok baca di sejumlah lokasi,” tutur Kepala Sudin Persip Jakarta Utara Wahyu Prabowo, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (26/2/2020).

[Baca Juga: Tingkatkan Budaya Membaca, Bogor Buka Festival Arsip dan Literasi]

Rencana pembangunan pojok baca di lingkungan Jakarta Utara ini disebut akan dimulai pada Maret hingga Desember 2020. Dengan setiap area pojok baca sudah memiliki target jumlah buku yang akan disalurkan. Seperti di PAUD Negeri, pihak Sudin Persip Jakarta Utara akan menyalurkan 193 buku bacaan, lalu di ruang pelayanan publik ada 500 buku, dan taman bacaan ada sekitar 200 buku.

Walau Sudin Persip Jakarta Utara yang akan memasok sekaligus mendirikan pojok baca ini, dari pihak Pemkot Jakarta Utara berharap semua jajarannya juga ikut berpartisipasi. Seperti yang dijelaskan Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara Wawan Budi Rohman yang menyebut, pihak Sudin Persip Jakarta Utara yang menyiapkan buku serta rak dan unsur pemerintahan lainnya yang bertugas menyediakan lokasi serta perlengkapan lainnya.

[Baca Juga: Tingkatkan Minat Baca, Festival Bekasi Book Fair Resmi Dibuka]

Sebelum rencana pendirian pojok baca ini, Sudin Persip Jakarta Utara juga membangun pojok baca di enam titik kantor Polisi Sektor (Polsek) Jakarta Utara pada pertengahan 2019. Pojok baca itu berada di Polsek Pademangan, Kelapa Gading, Tanjung Priok, dan Cilincing yang merupakan bagian dari realisasi musyawarah rencana pembangunan 2019.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.