Pemkot Jakarta Utara Bersihkan Sekolah dan RPTRA dengan Disinfektan

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Bersihkan Sekolah dan RPTRA dengan Disinfektan

Penyebaran Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 terbilang cepat. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara langsung mengambil langkah preventif membendung penyebarannya. Memanfaatkan penutupan Ruang Publik Ramah Anak atau RPTRA, Pemkot Jakarta Utara menggunakan kesempatan tersebut untuk membersihkan area publik itu dengan cairan disinfektan. Langkah tersebut juga dilakukan di sekolah-sekolah yang ada di wilayah ini.

Pemkot Jakarta Utara Bersihkan Sekolah dan RPTRA dengan Disinfektan

Ruang publik yang awalnya menjadi fokus pembersihan dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona adalah di area Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi dan Stasiun Tanjung Priok. Namun untuk semakin menguatkan pencegahannya, Pemkot Jakarta Utara memutuskan untuk menutup semua area publik di wilayahnya. Di mana langkah ini dipilih juga dalam rangka untuk membersihkannya dengan cairan disinfektan.

“Gerakan pencegahan COVID-19 ini kami lakukan di seluruh area publik. Termasuk juga di sekolah maupun taman-taman seperti RPTRA,” sebut Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmiko, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (15/3/2020).

[Baca Juga: Penyemprotan Disinfektan Terus Dilakukan di Wilayah Jakarta Timur]

Menurut Kepala Suku Dinas Jakarta Utara Yudi Dimyati, cairan disinfektan yang digunakan untuk pembersihan di area publik serta sekolah adalah cairan dengan kandungan klorin. Cairan ini disebut dapat dimanfaatkan untuk membunuh kuman, bakteri, sampai virus. Bahkan Yudi menyarankan, agar masyarakat membeli cairan ini untuk membuat disinfektan sendiri sebagai langkah antisipasi COVID-19.

Selain RPTRA, area publik yang turut ditutup dalam langkah pencegahan penyebaran Virus Corona adalah Taman Impian Jaya Ancol. Objek wisata ikonik di Jakarta Utara disebut ditutup selama dua minggu dengan pihak pengelola Ancol yang mengutip instruksi Gubernur DKI Jakarta dalam langkah peningkatak kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi COVID-19.

[Baca Juga: Antisipasi Wabah COVID-19, Ini Daftar Tempat Wisata yang Tutup Sementara]

Dari mulai Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures, area Pantai Ancol, sampai Dunia Fantasi atau Dufan sudah mulai ditutup dari 14 Maret 2020. Rencananya Taman Impian Jaya Ancol akan kembali beroperasi pada 27 Maret 2020. “Kami berharap dengan kebijakan penutupan sementara waktu kawasan rekreasi Ancol dapat meminimalisi penyebaran penyakit akibat virus COVID-19,” ujar Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.