Realisasikan Urban Farming, Pemkot Jakarta Utara Canangkan Walkot Farm

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Canangkan Walkot Farm Sebagai Urban Farming

Setelah Balai Kota DKI Jakarta menerapkan sistem pertanian perkotaan atau urban farming di lahannya melalui Balkot Farm, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara juga tampaknya ingin mengikuti jejak tersebut. Hal ini direalisasikan melalui Walkot Farm yang dikembangkan di halaman Plaza Barat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jalan Laksda Yos Sudarso No.27-29, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jika sesuai rencana, lahan urban farming milik Pemkot Jakarta Utara ini akan ditanami berbagai jenis sayuran serta buah.

Realisasikan Urban Farming, Pemkot Jakarta Utara Canangkan Walkot Farm

Lahan yang dimanfaatkan untuk urban farming itu memiliki luas 2.000 meter persegi dengan berbagai fasilitas penunjang pertanian. Ada kebun hidroponik yang akan ditanami berbagai benih sayuran dan buah, kemudian akan dibangun gazebo serta kolam ikan dengan taman vertical garden.

Menariknya, pihak Pemkot Jakarta Utara juga mengajak kerjasama Perumda Pasar Jaya dalam proyek Walkot Farm ini. Sehingga bila sesuai rencana, maka di lokasi urban farming ini juga akan berdiri gerai Jakmart yang menggunakan konsep ramah lingkungan alias Go Green.

[Baca Juga: Kantor Gubernur DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm]

“Walkot Farm Jakarta Utara adalah sebuah gagasan dan ide karya yang luar biasa untuk memaksimalkan aset-aset yang ada dan menumbuhkan aktivitas di dalamnya. Tadi kita sudah melihat pemaparan konsep integrasi Walkot Farm Jakarta Utara dengan Jakmart jadi ruang interaksi ini tidak hanya sekadar berkebun dan menikmati hasilnya saja tapi ada aktivitas lain yang bisa diciptakan bersama,” ujar Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (23/9/2019).

Keberadaan Gerai Jakmart serta gazebo dan kolam ikan di Walkot Farm Jakarta Utara dipandang dapat menjadi ruang publik yang bisa dimanfaatkan jajaran Pemkot Jakarta Utara hingga masyarakat. “Pembaharuan ini akan memberikan nilai tambah sehingga hadirnya pemerintah bisa dirasakan manfaatnya oleh semua elemen masyarakat,” sambung Sigit.

[Baca Juga: Teknologi IoT Mudahkan Kontrol Tanaman di Balkot Farm]

Ajakan kolaborasi dalam program pertanian perkotaan di kantor Wali Kota Jakarta Utara ini juga disambut baik Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Jaya. “Kami akan hadir di sini menggunakan desain yang menyatu dengan Walkot Farm Jakarta Utara. Nantinya, gerai dengan konsep Go Green ini akan melayani masyarakat umum dan bisa menjadi daya tarik di Kantor Wali Kota Jakarta Utara,” tutur Direktur Usaha dan Pengembangan Perumda Pasar Jaya Anugrah Esa.

Selain Perumda Pasar Jaya, Pemkot Jakarta Utara juga menggaet salah satu warga di wilayahnya yang memiliki keahlian di bidang hidroponik. Warga bernama Sutarjo itu menyebut, ia akan mempertimbangkan jenis sayuran apa yang kira-kira cocok dengan tanah di lahan Walkot Farm Jakarta Utara. “Kalau melihat lokasi ini sangat cocok untuk ditanami tomat, cabe, terong, dan lain-lain,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.