Pemkot Jakut Dukung Program Lengkapi Sarana Dan Prasarana Pendestrian

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Dukung Program Pendestrian

Jalur pedestrian merupakan ruang pelayanan yang berfungsi untuk kegiatan pejalan kaki dalam melakukan aktivitas, sehingga dapat meningkatkan keamanan, kelancaran dan kenyamanan bagi pejalan kaki. Sebagai ruang khusus untuk pejalan kaki, jalur pedestrian berfungsi sebagai sarana yang dapat melindungi pejalan kaki dari bahaya lalu lintas kendaraan bermotor. Selain itu, jalur pedestrian ini juga tempat terjadinya interaksi sosial antar masyarakat, di Indonesia sendiri lebih dikenal sebagai trotoar.

Dengan Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan, Pemerintah Kota Pemkot Administrasi Jakarta Utara terus memperbaiki diri dalam rangka melengkapi fungsi sosial dan ekologis dari trotoar.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning Pemandu Disabilitas]

Dilansir dari utara.jakarta.go.id (11/09), Dewan Kota Jakarta Utara Muhammad Sidik mengatakan apa yang dilakukan oleh Pemkot Jakarta Utara dirasa sudah cukup baik. "Dimana trotoar saat ini bisa dijadikan tempat interaksi sosial sekaligus tempat pejalan kaki yang aman dan nyaman," katanya.

Dengan kepemimpinan baru di Jakarta Utara, Sidik sangat berharap setiap wilayah di Jakarta Utara juga mengalami perbaikan. "Wali kotanya baru. Kalau bisa semangatnya juga baru, pembangunan atau penataan trotoar bisa dilakukan merata di seluruh wilayah Jakarta Utara," tambahnya.

Terkait dengan perbaikan tersebut, Sidik menginginkan trotoar di Jakarta Utara juga bisa mengakomodir aktivitas lain dari masyarakat. "Mungkin ke depannya bisa menjadi lokasi pemuda pemuda menyalurkan hobinya dan menunjukan eksistensinya seperti bermusik, tarian atau lainnya. Seperti di Jalan Thamrin sana. Untuk apa yang sudah dilakukan atau pun akan dilakukan Pemkot Jakarta Utara, Saya sebagai Dewan Kota tetap mendukung, terlebih untuk kemaslahatan masyarakat Jakarta Utara, " terangnya.

[Baca Juga: Berjalan Tanpa Alas Kaki Punya Banyak Manfaat Kesehatan]

Menanggapi hal tersebut, Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan jika hal tersebut bukanlah keniscayaan, karena saat ini pihaknya terus berusaha melengkapi kekurangan kekurangan trotoar di wilayahnya. "Kita dukung penuh program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang menjadikan trotoar sebagai lokasi berekreasi atau pun street vendor atau pedagang kaki lima seperti yang diinginkan masyarakat. Namun dalam prosesnya kita juga memperlihatkan lokasinya, karena tidak semua tempat bisa dibuat seperti itu. Yang kita dahulukan saat ini adalah memastikan fungsi utama dari trotoar itu sendiri," katanya.

Saat ini, Pemkot Jakarta Utara masih melakukan penataan trotoar di wilayah Danau Sunter, dimana tidak ada lagi kabel udara atau pun tiang tiang penyangga kabel yang keberadaannya mengganggu keamanan dan kenyamanan pejalan kaki. Terutama untuk melakukan aktivitas di kawasan tersebut dimana pejalan kaki memerlukan ruang yang cukup untuk dapat melakukan segala aktivitasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.