Pemkot Jakarta Utara Dukung TK Tzu Chi dalam LSS Nasional

Pendidikan

Pemkot Jakarta Utara Dukung TK Tzu Chi dalam LSS Nasional

Pada Agustus lalu, TK Tzu Chi Pantai Indah Kapuk menjadi salah satu perwakilan DKI Jakarta di Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional. Di mana kala itu tim penilai yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Agama datang untuk melakukan uji kelayakan terhadap TK Tzu Chi. Pada proses penilaian itu, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara juga turut hadir. Menariknya, ternyata dukungan Pemkot Jakarta Utara tidak hanya pada momen itu saja dan jauh-jauh hari mereka telah memberikan berbagai bantuan dalam persiapan LSS.

Menurut Kepala Sekolah TK Tzu Chi Iing Felicia Joe, keterlibatan jajaran Pemkot Jakarta Utara, baik saat dan sebelum persiapan LSS tingkat Nasional, terbilang rutin. Bahkan cenderung intensif sehingga sangat dihargai oleh pihak TK Tzu Chi. Aspek yang didukung pun ada banyak dengan salah satunya dari segi kesehatan yang kerap dilakukan oleh pihak Puskesmas.

Pemkot Jakarta Utara Dukung TK Tzu Chi dalam LSS Nasional

“Kalau untuk puskesmas sendiri, mereka selalu datang untuk mengunjung kami dalam artian, mereka selalu mengatakan anak-anak harus diberikan vitamin A lalu obat cacing kemudian meninjau kehidupan sehatnya mereka (murid TK Tzu Chi). Ini sudah lama terjalin dan pada saat kita mau ada Lomba Sekolah Sehat, mereka datang untuk memberikan masukan,” ujar Iing kepada PingPoint.co.id di TK Tzu Chi, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (13/9/2019).

[Baca Juga: Wakilkan Jakarta, TK Tzu Chi Tanding di LSS Tingkat Nasional]

Selain itu, pihak puskesmas turut sempat meninjau obat-obatan untuk anak-anak yang tersedia di Usaha Kesehatan Sekolah atau UKS. Hal ini demi memastikan kelengkapan isi lemari obat UKS TK Tzu Chi serta kira-kira obat jenis apa yang masih perlu dipasok puskesmas. “Mereka juga mengajarkan guru-guru kami bagaimana mengisi lembaran untuk kesehatan dan cara menghitung aspek apakah anak-anaknya masih perlu diperbanyak aktivitas ini-itu dan sebagainya,” sambungnya.

Iing melanjutkan, jajaran Pemkot Jakarta Utara juga sempat berkeliling di TK Tzu Chi dalam proses peninjauan untuk melihat kesiapannya di LSS Nasional. Di mana saat meninjau, mereka memberikan bantuan bibit ikan untuk dikembangbiakkan di kolam sekolah dan bibit tanaman tanaman obat keluarga atau TOGA untuk semakin melengkapi Taman Langit.

[Baca Juga: Sistem Pendidikan TK Tzu Chi Fokus pada Pembentukan Karakter]

“Dari (suku dinas) Lingkungan Hidup, mereka memberikan tempat sampah. Karena di kami sudah mempunyai klasifikasi pengelompokan sampah, tapi mereka juga memberikan edukasi bahwa di area luar juga perlu ada jenis-jenis pengelompokan itu,” ucap Kepala Sekolah TK Tzu Chi itu. Iing mengatakan, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Utara juga memberikan berbagai media untuk mengembangkan tanaman hidroponik.

Menurut Iing, bukan hanya untuk persiapan LSS Nasional saja, namun relasi antara sekolahnya dengan jajaran Pemkot Jakarta Utara memang sudah terjalin lama. Dari mulai edukasi mengenai lalu lintas untuk para siswa-siswi hingga edukasi untuk orangtua murid TK Tzu Chi dalam masalah obesitas dan persiapan menghadapi bencana alam.


Read More

Artikel Lainnya

Batu Secret Zoo 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Malihat Potret Habitat Hewan dari 5 Benua di Batu Secret Zoo

28 September 2021, 07:06

PPKM berlevel memperlihatkan tren yang terus menurun di Kota Batu dan ancang-ancang pembukaan Jatim Park 2 tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.


Comments


Please Login to leave a comment.