Pemkot Jakarta Utara Gelar Uji Emisi Kendaraan Selama Tiga Hari.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Gelar Uji Emisi Kendaraan Selama Tiga Hari

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara berencana akan menggelar uji emisi kendaraan bermotor secara gratis di tiga lokasi mulai 19-21 Maret 2019. Tiga lokasi itu adalah Jalan Benyamin Sueb, Jalan Pluit Timur, dan Jalan Danau Sunter.

Kepala Suku Dinas Lingkungan HIdup (Sudin LH) Jakarta Utara Slamet Riyadi mengatakan, selama tiga hari pelaksanaan kegiatan EKUP meliputi uji emisi kendaraan motor, pemantauan kualitas udara jalan raya, dan pemantauan kinerja lalu lintas.

[Baca Juga: Pengalaman Warga Jakarta Gunakan Migo Ebike]

Uji emisi di tiga lokasi tersebut rencananya juga hanya dilakukan sehari dan akan digelar secara bergantian. Sebanyak 2.500 kendaraan ditargetkan mengikuti uji emisi yang merupakan rangkaian dari kegiatan evaluasi kualitas udara perkotaan (EKUP) tahun 2019.

“Pelaksanaan secara bergilir di tiga lokasi. Selain mengukur kualitas udara perkotaan, juga akan terlihat seberapa sehat kendaran digunakan sehari-hari,” katanya seperti dikutip dari Berita Jakarta (13/3/2019).

[Baca Juga: Pemprov DKI dan DPRD Belum Putuskan Tarif LRT dan MRT Jakarta]

Slamet memaparkan, pelaksanaan kegiatan EKUP dimulai dari Jalan Banyamin Sueb pada Selasa tanggal 19 Maret 2019, kemudian di Jalan Pluit Timur pada Rabu tanggal 20 Maret 2019, dan terakhir di Jalan Danau Sunter Selatan pada Kamis tanggal 21 Maret 2019.

Masing-masing di lokasi kegiatan EKUP memiliki target yang berbeda. Di Jalan Benyamin Sueb ditargetkan sebanyak 1.000 kendaraan diuji emisi, 900 kendaraan di Jalan Pluit Timur dan sebanyak 600 kendaraan diuji emisi di Jalan Danau Sunter Selatan.

[Baca Juga: Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R]

Selama tiga hari pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor itu tidak ditujukan untuk kendaraan umum penumpang seperti mikrolet, koperasi wahana kalpika (KWK), metromini, dan lain sebagainya.

Uji emisi secara berkala, seperti kata Slamet, memberi manfaat yang besar bagi pengguna kendaraan dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan kegiatan EKUP dan membawa kendaraan untuk diuji emisi. “Memberi manfaat yang besar. Untuk itu warga silakan memanfaatkan kegiatan ini,” tandas Slamet.

Read More

Artikel Lainnya

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.


Comments


Please Login to leave a comment.