Pemkot Jakarta Utara Bangun Tanggul Pengendali Banjir dengan Ban Bekas

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Gunakan Ban untuk Tanggul Pengendali Banjir

Wilayah Jakarta Utara merupakan salah satu kawasan di Ibu Kota yang rawan terkena dampak banjir. Sehingga tidak mengherankan bila Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara kerap kali melakukan sejumlah langkah antisipasi demi mencegah hal tersebut. Hal ini bisa dilihat dari salah satu inovasi yang baru-baru ini dilakukan, yakni dengan memanfaatkan ban bekas untuk membangun tanggul pengendali bajir yang berlokasi di Kali Karang Bolong.

Inovasi ini direalisasikan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara dalam bentuk program naturalisasi Kali Karang Bolong yang berada di kawasan Kecamatan Pademangan. Berkonsep re-used retaining wall, Sudin SDA memanfaatkan barang bekas untuk membuat tanggul pengendali banjir dan untuk program ini yang digunakan adalah ban bekas.

Pemkot Jakarta Utara Bangun Tanggul Pengendali Banjir dengan Ban Bekas

“Di kali itu kami mencoba inovasi baru menggunakan aset bahan-bahan bekas Dinas SDA yang jika selama ini ban bekas itu selalu dibuang atau hanya menjadi limbah. Nah daripada tidak bermanfaat, maka kami manfaatkan itu semua,” ujar Kepala Sudin SDA Jakarta Utara Adrian Mata Maulana, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (4/9/2019).

Tanggul pengendali banjir ini dibangun di bantaran Kali Karang Bolong yang membentang sepanjang 400 meter. Materialnya yang dibutuhkan pun tidak sedikit dalam proyek ini dengan setidaknya jumlahnya ada 2.300 ban bekas dump truck yang ditumpuk menjadi lima susun.

[Baca Juga: 3 Furnitur Ini Bisa Dibuat dari Sampah]

Adrian menyebut, proyek pembangunan tanggul pengendali banjir dari ban bekas ini ditargetkan akan selesai pada Oktober 2019. Dalam prosesnya, Sudin SDA Jakarta Utara tidak bekerja sendiri untuk membangunnya, karena Sudin Kehutanan Jakarta Utara juga turut membantu. Pasalnya, ban bekas yang disusun sebagai re-used retaining wall itu juga akan dimanfaatkan menjadi pot untuk ditanami berbagai tanaman.

Pemanfaatan ban bekas yang dijadikan tanggul pengendali banjir sekaligus pot ini juga sejalan dengan konsep ramah lingkungan. Oleh karena itulah pada dinding turap yang berada di dekat tanggul itu juga akan ditanami tanaman rambat lee kwan yew atau janda merana. Tanaman yang juga dikenal dengan nama climbing vernonia, curtain creeper, vernonia creeper, atauVernonia elliptica ini memang populer digunakan untuk taman vertikal di wilayah perkotaan.

[Baca Juga: Dari Lubang Biopori dan Eskavator, Jakarta Bersiap Sambut Musim Hujan]

Bila sudah rampung maka proyek naturalisasi Kali Karang Bolong itu juga membantu proses penghijauan kawasan tersebut dan dapat turut berkontribusi dalam mengendalikan polusi udara yang membayangi Ibu Kota. “Jadi konsep inovasi itu kami menghadirkan vertikal garden di sepanjang kali itu,” pungkas Adrian.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.