Pemkot Jakarta Utara Hadiri Ultah Gereja Tugu yang ke-271

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Hadiri Ultah Gereja Tugu yang ke-271

Di Kampung Tugu yang berada di Jalan Raya Tugu Semper Barat No.20, Jakarta Utara, ada gereja yang iconic dan masuk ke dalam kategori salah satu gereja tertua yang ada di Indonesia. Gereja yang dimaksud adalah Gereja Tugu yang disinyalir sudah berusia ratusan tahun. Baru-baru ini Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara mengunjungi gereja tersebut untuk turut memperingati ulang tahun Gereja Tugu yang diadakan jemaat Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Gereja Tugu.

Pada peringatan ulang tahun Gereja Tugu ke-271 yang digelar pada 3 November 2019, Pemkot Jakarta Utara memandang momen ini sebagai waktu yang tepat untuk mendorong kolaborasi antara umat agama di Ibu Kota. Pasalnya, gereja yang diresmikan kembali pada tahun 1748 itu dipandang sebagai simbol persatuan di DKI Jakarta, khususnya dari letaknya yang berdekatan dengan masjid.

Pemkot Jakarta Utara Hadiri Ultah Gereja Tugu yang ke-271

“Di belakang sana ada masjid. Semua warga membaur jadi satu. Di mana lagi seperti kalau bukan di Indonesia. Kita harus bangga adanya keberagaman tapi kita bisa menjadi satu,” jelas Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (3/11/2019).

[Baca Juga: Gereja Katolik Kudus Rawamangun Adakan Aksi Tanam Pohon]

Sekadar informasi, Gereja Tugu disinyalir sudah berdiri sejak sekitar tahun 1676-1678 yang kala itu bersamaan dengan diresmikannya sekolah rakyat pertama di Indonesia. Namun gereja itu sempat hancur usai menjadi saksi biksu dari insiden Pemberontakan Tionghoa yang memicu pembantaian warga Tionghoa di Batavia di tahun 1740. Sebagaimana dilansir dari situsbudaya.id (4/11/2019) Gereja Tugu kembali dibangun dengan bantuan Yustinus Vinck di tahun 1744 dan diresmikan pada tahun 1748.

Melihat bagaimana Gereja Tugu menjadi sejarah perkembangan Jakarta, Desi Putra menganggap bangunan ini perlu dilestarikan. Oleh karena itu, ia meminta warga untuk turut membantu Pemkot Jakarta Utara dalam mendorong pemugaran Gereja Tugu. “Semua bisa berkontribusi dalam kolaborasi menjaga kekompakan dalam rangka persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Dukung TK Tzu Chi dalam LSS Nasional]

Selain merayakan ulang tahun Gereja Tugu yang ke 271, Ketua Panitia Terpadu GPIB Gereja Tugu Periode 2019-2029 Martin Arthun V. Teesen menjelaskan, acara ini juga digelar untuk memperingati ulang tahun GBIP ke-71 serta peringatan 59 tahun bergabungnya Gereja Tugu bersama GPIB. Di mana acaranya diisi dengan berbagai hiburan khas budaya Indonesia termasuk Keroncong Tugu, memotong tumpeng bersama Pemkot Jakarta Utara, workshop pengelolaan sampah serta keselamatan berkendara.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.