ANCOL-KAWASAN-PEMKOT JAKARTA UTARA LIBATKAN MASYARAKAT ANTISIPASI BANJIR-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Libatkan Masyarakat Antisipasi Banjir

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, seluruh wilayah Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga berat akibat adanya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO).

Fenomena MJO adalah kondisi suaca akibat aktivitas aliran massa udara basah dari Samudara Hindia sebelah barat Sumatera yang menuju wilayah Indonesia bagian barat dan tengah. Hal ini menyebabkan kondisi atmosfir wilayah tersebut sangat basah.

Proses pemanasan dengan penguapan lokal tersebut mendukung adanya pembentukan dan pertumbuhan awan hujan. Selama pekan ini, BMKG juga mengingatkan bencana Hidrometeorologi antara lain genangan, banjir, longsong, banjir bandang, dan puting beliung yang bisa saja terjadi.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menggelar apel kesiapsiagaan di kawasan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, (13/11/2018), yang dipimpin Walikota Jakarta Utara Syamsudin Lolagau.

[Baca Juga: Melirik Sistem Anti-Banjir ala Pemukiman Pantai Indah Kapuk 2]

Syamsudin saat memimpin apel yang diikuti 1.300 personel gabungan dari berbagai satuan ini menegaskan, kegiatan apel dalam rangka mengecek kesiapan petugas menghadapi musim penghujan sehingga penanganan dapat terselenggara dengan maksimal.

“Petugas yang hadir ini punya tanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Peralatan juga sudah dipersiapkan,” ucapnya mengutip Poskotanews.com, Selasa (13/11/2018).

Selain itu, Syamsudin juga mengajak masyarakat dalam upaya permbersihan lingkungan sekitar sebagai langkah antisipasi masuknya musim penghujan. Seperti halnya dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, pembersihan saluran air dari sampah ataupun lumpur yang mengendap, penopingan pohon dan sebagainya.

Dengan begitu, Syamsudin juga berharap petugas dan masyarakat dapat berkolaborasi dalam rangka melakukan pencegahan banjir. “Saya harap seluruh masyarakat terlibat langsung dalam antisipasi musim hujan," katanya.

Dalam apel tersebut , dilansir utara.jakarta.go.id, Selasa (13/11/2018), Syamsudin didampingin Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan pejabat terkait lainnya, seperti Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara dan Suku Dinas Sosial Jakarta Utara yang meninjau kesiapan peralatan serta perlengkapan penanganan bencana.

[Baca Juga: 5 Masalah dan Cara Mengatasi Kerusakan di Rumah Dekat Pantai]

“Kita pastikan supaya masyarakat merasa tenang karena pemerintah hadir di setiap masyarakat membutuhkan layanan. Oleh karena itulah, mari kita sama-sama berkolaborasi menjaga lingkungan dan kota Jakarta agar terhindar dari bencana banjir," katanya.

Sementara itu, Kepala Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara, Santo menambahkan, selain dari segi personel, kesiapsiagaan antisipasi banjir juga dilakukan dengan memastikan seluruh pompa air baik yang mobile maupun stasiun berfungsi dengan baik.

“Di tahun ini, kita juga telah melakukan normalisasi sebanyak 20 saluran air di wilayah Jakarta Utara dengan ukuran bervariasi,” kata Santo.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.