Pemkot Jakarta Utara Lirik Pendirian Pasar Barang Antik

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Lirik Pendirian Pasar Barang Antik

Kota Jakarta memiliki beberapa kawasan yang dikenal sebagai lokasi untuk berburu barang antik yang juga dijadikan sentra usaha sekaligus tempat wisata. Namun di wilayah Jakarta Utara sendiri, bisa dikatakan hingga kini belum ada keberadaan pasar barang antik padahal di kawasan ini banyak destinasi wisata bersejarah yang kerap dikunjungi wisatawan. Tapi tampaknya hal ini akan segera berubah dengan rencana baru yang tengah dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara.

Baru-baru ini Pemkot Jakarta Utara mengadakan rapat untuk membahas mengenai digelarnya Pasar Sabtu-Minggu. Menariknya, pasar ini memiliki konsep flea market atau pasar loak yang juga bisa dimanfaatkan sebagai pasar barang antik yang nantinya dapat didirikan di setiap wilayah Jakarta Utara.

Pemkot Jakarta Utara Lirik Pendirian Pasar Barang Antik

Menurut penjelasan Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Jakarta Utara Dewi Sartika, pendirian Pasar Sabtu-Minggu ini merupakan langkah lanjutan dari Rapat Pimpinan Gubernur yang diadakan pada awal Juli 2019. Saat itu rapatnya memiliki topik penataan para Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Pelaksanaan flea market ini akan dilakukan seminggu dua kali, yakni setiap hari Sabtu dan Minggu. Nantinya di lokasi tersebut masyarakat diberikan kesempatan untuk berjualan segala jenis barang, terutama barang-barang bekas dan antik,” jelas Dewi Sartika, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (20/8/2019).

[Baca Juga: Menengok Bisnis Barang Antik di Jalan Surabaya]

Selain untuk menjadi sentra untuk usaha, Pasar Sabtu-Minggu ini juga diharapkan sebagai ruang untuk bersantai bagi keluarga pada akhir pekan sekaligus untuk saling bertemu dengan warga lain di Jakarta Utara. “Bisa memanfaatkan waktu weekend yang dimiliki untuk saling mengenal, berinteraksi dengan sesama masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian.

Walau berbentuk pasar barang antik, sesuai dengan namanya, Pasar Sabtu-Minggu di Jakarta Utara ini berbeda dengan pasar barang antik lain di Jakarta, seperti Pasar Taman Puring atau yang di Jalan Surabaya, Menteng. Pasalnya, pasar barang antik di Jakarta Utara ini tidak bersifat permanen alias musiman.

[Baca Juga: Tips Jual Barang Bekas agar Cepat Laku Terjual]

Jika sudah direalisasikan, Pasar Sabtu-Minggu ini akan didirikan di kawasan jalan umum tertentu hingga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) agar warga Jakarta Utara lebih mudah mengaksesnya saat membawa keluarga. Barang-barang yang dijual pasar barang antik ini pun ditargetkan yang bersifat unik serta antik.

Read More

Artikel Lainnya

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

Berita Kawasan

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

08 August 2020, 15:00

Para Kolaborator ini bergotong royong menyiapkan platform dengan berbagai materi audio visual menarik untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta masyarakat Indonesia pada hutan.

Bangkitkan Semangat Belajar di Rumah, Pemkot Depok Beri Penghargaan

Pendidikan

Kemendikbud Siapkan Kurikulum Darurat dengan 2 Komponen untuk PJJ Masa Pandemi COVID-19

08 August 2020, 09:15

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan pihaknya sudah menyusun kurikulum darurat untuk situasi pandemi COVID-19.

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020

07 August 2020, 19:00

Menpora sangat mendukung usaha Garena Indonesia dalam mencari bibit eSport Tanah Air melalui turnamen Free Fire Fall Season 2020.

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air.jpg

Pendidikan

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air

07 August 2020, 18:00

Dari mulai warga sampai Pemkot Jakarta Utara sudah mulai bergerak untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.