Pemkot Jakarta Utara Mulai Sosialisasikan Perluasan Ganjil-Genap

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Mulai Sosialisasikan Perluasan Ganjil-Genap

Dalam rangka mengurangi volume kendaraan bermotor di jalanan Ibu Kota sekaligus mengendalikan polusi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas peraturan ganjil-genap untuk kendaraan roda empat. Demi memastikan pemahaman masyarakat mengenai perluasan ini, proses sosialisasi pun sudah dilakukan mulai pekan lalu. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara pun mulai melakukan sosialisasi tersebut di area Jalan Gubung Sahari, Kecamatan Pademangan.

Jangka waktu proses sosialisasi perluasan ganjil-genap adalah dari 8 Agustus hingga 8 September 2019. Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara memilih sosialisasi di kawasan Jalan Gunung Sahari dipicu oleh ruas jalan ini merupakan satu-satunya area yang terkena dampak perluasan ganjil-genap di kawasan Jakarta Utara.

Pemkot Jakarta Utara Mulai Sosialisasikan Perluasan Ganjil-Genap

Langkah sosialisasi yang dilakukan Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Utara dengan pemasangan rambu baru yang mempertegas mengenai peraturan ganjil-genap sekitar Jalan Gunung Sahari, khususnya di Jalan Amperang IV, V, dan VI. Selain itu, spanduk juga dipasang di sejumlah titik mengenai uji coba peraturan ganjil-genap di DKI Jakarta.

[Baca Juga: Yuk, Simak Jalan Mana Saja yang Terkena Perluasan Ganjil-Genap Jakarta!]

Selain dengan spanduk dan rambu, Sudin Perhubungan Jakarta Utara juga menurunkan sejumlah anggotanya untuk langsung memberikan sosialisasi kepada pengguna kendaraan roda empat. Hal ini dilakukan di sekitar ruas Jalan Gunung Sahari hingga di pusat perbelanjaan di Jakarta Utara.

“Ada 57 personal yang ditugaskan dalam sosialisasi ini. Sosialisasi akan dilakukan di lokasi keramaian masyarakat, seperti mall hingga HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor), termasuk di media sosial dan media massa,” jelas Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Utara Bernhard Hutajulu, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (12/8/2019).

[Baca Juga: Tentang Perluasan Ganjil-Genap, Ini Pandangan Pengamat Tata Kota]

Bernhard kembali mengingatkan, uji coba penerapan ganjil-genap ini hanya berlaku kendaraan roda empat pada hari kerja dengan dua waktu, yakni pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB. Sedangkan lokasinya adalah di sepanjang Jalan Gunung Sahari hingga lampu lalu lintas Pos Bintang Mas dengan masa berlaku uji cobanya adalah dari mulai 12 Agustus hingga 6 Sepetember 2019. Untuk penerapan perluasan ganjil-genap ini secara resmi akan dimulai pada 9 September 2019.

Bernhard berharap, masyarakat dapat mendukung perluasan ganjil-genap ini dengan berfokus menggunakan moda transportasi umum saat akan beraktivitas di hari kerja. “Uji coba kebijakan ganjil-genap ini mendorong masyarakat untuk beralih ke penggunaan angkutan umum,” pungkas Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Utara tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.