Pemkot Jakarta Utara Putuskan Kembalikan Fungsi GOR Sebagai Lokasi Isolasi.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Putuskan Kembalikan Fungsi GOR Sebagai Lokasi Isolasi

Saat ini lonjakan kasus COVID-19 sudah semakin mengkhawatirkan apalagi pada akhir pekan kemarin di DKI Jakarta ditemukan 9.000an kasus positif. Melihat tren penyebaran penyakit akibat virus Corona tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menggelar rapat koordinasi dengan Forum Pimpinan Kota atau Forkopimko terkait upaya respons terhadap kondisi ini. Dengan salah satunya adalah mengaktifkan kembali kebijakan menjadikan Gelanggang Olahraga (GOR) sebagai lokasi isolasi mandiri terkendali.

Keputusan itu diambil Pemkot Jakarta Utara sebagai langkah antisipasi terus meningkatnya kasus COVID-19 di Ibu Kota, khususnya di wilayahnya. “Ini antisipasi yang pernah dulu kita rencanakan apabila ada lonjakan kasus dan sekarang lonjakan kasus ini sudah terjadi,” tutur Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (27/6/2021).

Pemkot Jakarta Utara Putuskan Kembalikan Fungsi GOR Sebagai L okasi Isolasi.jpg

Lokasi GOR yang diputuskan sebagai tempat isolasi mandiri terkendali ini adalah Gor Tanjung Priok dan GOR Pademangan. Di mana pasien COVID-19 yang masuk ke sini adalah mereka yang statusnya tanpa gejala atau OTG serta pasien dari rumah sakit yang menunggu hasil dari tes swab PCR keduanya sehingga tak membutuhkan perawatan medis secara intensif.

Sekadar informasi di masa awal pandemi COVID-19, Pemkot Jakarta Utara pernah mempersiapkan GOR Pademangan sebagai lokasi isolasi mandiri terpisat dan kala itu didirikan 30 bilik untuk bisa mengakomodasi 30 warga. Saat itu Pemkot Jakarta Utara bekerjasama dengan warga Kecamatan Pademangan untuk menimalisir potensi penyebaran COVID-19 di sana.

[Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, GOR Ciracas Jadi Penampungan Tunawisma]

Berbeda dengan di tahun 2020, keputusan menjadikan GOR Pademangan dan GOR Tanjung Priok saat ini ditujukan untuk menjadi lokasi alternatif menampung pasien akibat pengaruh rumah sakit yang terlalu penuh. Namun di sisi lain, Pemkot Jakarta Utara juga tetap mengizinkan masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing tapi dengan penegasan harus mematuhi protokol kesehatan sebaik mungkin serta disiplin hidup bersih dan sehat selama isolasi.

Terkait tren peningkatan kasus COVID-19 di Ibu Kota, Pemkot Jakarta Utara berencana akan lebih tegas lagi memastikan masyarakat patuh protokol kesehatan. “Kami meminta aparat lebih tegas terhadap pelanggar protokol kesehatan,” tambah Ali Maulana Hakim.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.