Pemkot Jakarta Utara Segera Periksa Kelayakan Hewan Kurban

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Segera Periksa Kelayakan Hewan Kurban

Sudah layaknya tradisi tahunan, beberapa pekan sebelum perayaan Iduladha di Ibu Kota terlihat pemandangan penjual hewan kurban musiman. Sayangnya, acap kali penjual musiman ini tidak memeriksakan kesehatan hewan yang mereka jajakan. Sehingga bila tidak hati-hati, pembeli dapat membawa pulang hewan yang sakit. Demi menghindari hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara pun akan segera melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan hewan kurban yang dijajakan.

Pemeriksaan ini dilakukan Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP). Rencananya, pemeriksaan tersebut akan mulai diadakan pada awal Agustus 2019. Sebagaimana dilansir dari megapolitan.kompas.com (29/7/2019), Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara Rita Nirmala menuturkan, kegiatan ini akan dilakukan pihaknya hingga H+3 Iduladha 1440.

Pemkot Jakarta Utara Segera Periksa Kelayakan Hewan Kurban

Pemeriksaan yang dilakukan Sudin KPKP Jakarta Utara meliputi pengecekan kesehatan mata, bagian tubuh, dan usia dari hewan kurban yang dijual. Sekadar informasi, Kementerian Pertanian Indonesia pada tahun 2018 menyatakan, terdapat ambang batas usia kelayakan hewan kurban. Untuk sapi dan kerbau, yakni usia dua tahun. Sedangkan kambing dan domba, minimal usianya adalah satu tahun.

Pada proses pemeriksaan kelayakan ini, Sudin KPKP tidak sendiri. Pasalnya, mereka juga mendapatkan bantuan perwakilan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan jumlah 56 orang dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) sebanyak 10 orang. Jika dalam proses pemeriksaan hewan kurban di lapangan ditemukan indikasi ada yang sakit, maka akan langsung diobati di tempat.

[Baca Juga: Demi Kelancaran Iduladha, Hewan Kurban di Depok Disidak]

Selain itu, dalam rangka persiapan Iduladha 1440, Sudin KPKP juga menggelar sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban bersama Dewan Masjid Indonesia Jakarta Utara pada 25 Juli 2019. “Sosialisasi ini bertujuan agar para peserta memahami teknis penyembelihan hewan kurban secara syariah dengan tetap menjaga aspek higienis lingkungan dan kesehatan. Diharapkan, mereka dapat menyerap dan menularkan materi yang didapatkan hari ini kepada rekan-rekannya,” tutur Rita, sebagaimana dilansir dari utara.jakarta.go.id (29/7/2019)

Terkait penjual hewan kurban untuk Iduladha 1440, para penjual musiman memang sudah bersiap menjajakan dagangan selama beberapa pekan terakhir ini di Jakarta Utara. Salah satu area yang banyak lapaknya adalah di Pasar Rawa Badak yang berlokasi di Kecamatan Koja. Sebagaimana dilansir dari wartakota.tribunnews.com (29/7/2019), salah satu penjualnya mengaku sudah membuka lapaknya selama 10 tahun terakhir.

[Baca Juga: Sambut Iduladha, Mari Pastikan Kesehatan Hewan Kurban]

Menjelang Iduladha 1440, ia membawa sekitar 70 ekor sapi yang diklaim sudah siap dijual untuk jadi hewan kurban. Puluhan hewan itu disebut dibawa dari Jawa Timur dan hampir setengahnya merupakan jenis sapi limosin yang dipandang paling laku terjual. Sapi-sapi itu dibanderol dari harga belasan juta rupiah sampai Rp60 juta.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.