Pemkot Jakarta Utara Siap Sambut Lomba Sekolah Adiwiyata

Pendidikan

Pemkot Jakarta Utara Siap Sambut Lomba Sekolah Adiwiyata

Program Sekolah Adiwiyata telah dilaksanakan semenjak lama oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Di mana program ini juga dilombakan guna pencari sekolah yang mampu melibatkan semua pihaknya dalam upaya perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup. Rencananya untuk Lomba Sekolah Adiwiyata 2019, penilaiannya akan mulai dilaksanakan pada pertengahan September 2019. Oleh karena itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara pun mulai melakukan beragam persiapan.

Langkah awal dalam persiapan untuk menyambut Lomba Sekolah Adiwiyata telah mulai digelar dari 5 September 2019. Pada rapat yang digelar di Ruang VIP Kantor Wali Kota Jakarta Utara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memandang bahwa lomba ini merupakan aspek yang penting dalam membentuk sekolah menjadi tepat terbentuknya ide-ide kreatif.

Pemkot Jakarta Utara Siap Sambut Lomba Sekolah Adiwiyata

Pada pembukaan rapat persiapan itu, ia menyebut pertemuan bersama jajarannya ini dalam rangka mempersiapkan sekolah untuk penilaian Adiwiyata tingkat nasional serta mandiri untuk wilayah Jakarta Utara. Ali menyebut, dengan lomba ini maka sekolah bukan hanya bergerak sebagai lembaga pendidikan saja tapi juga mampu menciptakan lingkungan yang sehat untuk para warga sekolah.

[Baca Juga: Belasan Sekolah di Jakarta Barat Siap Raih Penghargaan Adiwiyata]

“Seluruh warga sekolah memiliki kewajiban untuk menciptakan dan menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya yang bersih dan sehat. Untuk itu sekolah wajib menciptakan dan menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Utara itu, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (6/9/2019).

Menurutnya, Lomba Sekolah Adiwiyata dapat membuat sekolah memberikan contoh kepada generasi muda mengenai pentingnya menjaga lingkungan. “Dengan pembinaan sejak dini, diharapkan siswa-siswi ke depannnya bisa menjadi tulang punggung bangsa terutama ikut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan,” tuturnya.

[Baca Juga: Empat Sekolah Jadi Perwakilan Jaksel di LSS Tingkat Provinsi]

Ali melanjutkan, aspek yang penting diulas dalam Lomba Sekolah Adiwiyata untuk sekolah-sekolah di Jakarta Utara adalah mengenai edukasi sampah plastik. “Seperti sampah plastik, dengan pembiasaan membawa botol minuman dan makanan dari rumah tentunya akan bisa mengurangi sampah yang tidak penting,” imbuhnya.

Ali ingin jajaran Pemkot Jakarta Utara dapat membantu memastikan Lomba Sekolah Adiwiyata 2019 dapat lancar digelar. Apalagi untuk tahun ini, penilaian Lomba Sekolah Adiwiyata disinyalir akan semakin ketat penilaiannya.

“Untuk pihak sekolah harap mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung. Untuk SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) atau UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) juga dimohon bantuannya dalam menunjang sarana dan prasarana yang dibutuhkan,” tambah Ali.

Read More

Artikel Lainnya

Gojek-Gandeng-JumpaPay-Luncurkan-Inovasi-Layanan-GoService.jpeg.jpg

Bisnis

Gojek Rangkul JumpaPay Untuk Menggagas Layanan GoService

13 July 2020, 20:00

Layanan GoService yang diluncurkan hari ini diharapkan dapat memudahkan proses pengurusan administrasi surat kendaraan bermotor.

happyfresh-deliveryman.jpg

Bisnis

Kini Happyfresh Hadir di Bukalapak Untuk Mudahkan Belanja Kebutuhan Sehari-hari

13 July 2020, 19:00

Aktivitas berbelanja kebutuhan sehari-hari lebih banyak dilakukan secara online di masa pandemi. Hal ini yang diseriusi oleh HappyFresh dengan menggandeng Bukalapak.

Sony WF-SP800N Usung Teknologi Mutakhir Guna Temani Kegiatan Konsumen Aktif

Bisnis

Sony WF-SP800N Usung Teknologi Mutakhir Guna Temani Kegiatan Konsumen Aktif

13 July 2020, 18:00

Bidik para pecinta olahraga, Sony menghadirkan headphone nirkabel yang inovatif dan praktis untuk digunakan setiap saat.

Rayakan Hari Jadinya, Avrist Assurance Ulurkan Tangan di 11 Kota .jpg

Bisnis

Rayakan Hari Jadinya, Avrist Assurance Ulurkan Tangan di 11 Kota

13 July 2020, 17:00

Perusahaan Avrist Assurance baru-baru ini menggelar aksi sosialnya di 11 kota Indonesia dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-45.


Comments


Please Login to leave a comment.