Pemkot Jakarta Utara Siap Sambut Lomba Sekolah Adiwiyata

Pendidikan

Pemkot Jakarta Utara Siap Sambut Lomba Sekolah Adiwiyata

Program Sekolah Adiwiyata telah dilaksanakan semenjak lama oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Di mana program ini juga dilombakan guna pencari sekolah yang mampu melibatkan semua pihaknya dalam upaya perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup. Rencananya untuk Lomba Sekolah Adiwiyata 2019, penilaiannya akan mulai dilaksanakan pada pertengahan September 2019. Oleh karena itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara pun mulai melakukan beragam persiapan.

Langkah awal dalam persiapan untuk menyambut Lomba Sekolah Adiwiyata telah mulai digelar dari 5 September 2019. Pada rapat yang digelar di Ruang VIP Kantor Wali Kota Jakarta Utara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memandang bahwa lomba ini merupakan aspek yang penting dalam membentuk sekolah menjadi tepat terbentuknya ide-ide kreatif.

Pemkot Jakarta Utara Siap Sambut Lomba Sekolah Adiwiyata

Pada pembukaan rapat persiapan itu, ia menyebut pertemuan bersama jajarannya ini dalam rangka mempersiapkan sekolah untuk penilaian Adiwiyata tingkat nasional serta mandiri untuk wilayah Jakarta Utara. Ali menyebut, dengan lomba ini maka sekolah bukan hanya bergerak sebagai lembaga pendidikan saja tapi juga mampu menciptakan lingkungan yang sehat untuk para warga sekolah.

[Baca Juga: Belasan Sekolah di Jakarta Barat Siap Raih Penghargaan Adiwiyata]

“Seluruh warga sekolah memiliki kewajiban untuk menciptakan dan menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya yang bersih dan sehat. Untuk itu sekolah wajib menciptakan dan menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Utara itu, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (6/9/2019).

Menurutnya, Lomba Sekolah Adiwiyata dapat membuat sekolah memberikan contoh kepada generasi muda mengenai pentingnya menjaga lingkungan. “Dengan pembinaan sejak dini, diharapkan siswa-siswi ke depannnya bisa menjadi tulang punggung bangsa terutama ikut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan,” tuturnya.

[Baca Juga: Empat Sekolah Jadi Perwakilan Jaksel di LSS Tingkat Provinsi]

Ali melanjutkan, aspek yang penting diulas dalam Lomba Sekolah Adiwiyata untuk sekolah-sekolah di Jakarta Utara adalah mengenai edukasi sampah plastik. “Seperti sampah plastik, dengan pembiasaan membawa botol minuman dan makanan dari rumah tentunya akan bisa mengurangi sampah yang tidak penting,” imbuhnya.

Ali ingin jajaran Pemkot Jakarta Utara dapat membantu memastikan Lomba Sekolah Adiwiyata 2019 dapat lancar digelar. Apalagi untuk tahun ini, penilaian Lomba Sekolah Adiwiyata disinyalir akan semakin ketat penilaiannya.

“Untuk pihak sekolah harap mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung. Untuk SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) atau UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) juga dimohon bantuannya dalam menunjang sarana dan prasarana yang dibutuhkan,” tambah Ali.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.