ANCOL-KESEHATAN-PEMKOT JAKARTA UTARA SOSIALISASIKAN PENYAKIT KANKER SERVIKS-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Pemkot Jakarta Utara Sosialisakan Penyakit Kanker Serviks

Pemerintah Kota Adminitrasi Jakarta Utara terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan mengenai bahaya penyakit kanker serviks dan pentingnya melakukan pemeriksaan IVA tes.

IVA (inspeksi visual asam asetat) tes adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama. Jika dibandingkan dengan pap smear, IVA tes cenderung lebih mudah karena pemeriksaan dan hasil diolah langsung tanpa harus menunggu hasil dari laboratorium.

Asisten Adminitrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara Wawan Budi Rohman mengharapkan semua unsur ikut peduli terhadap upaya pencegahan penyakit kanker serviks. Guna mencegah penyakit tersebut, kaum perempuan bisa segara melakukan pengecekan di Puskesmas terdekat.

“Diteksi dini kanker serviks dengan IVA tes itu sangat penting sekali. Perempuan bisa segera melakukan pengecekan kesehatan leher rahim di Puskesmas terdekat,” ujarnya di Kantor Wali Kota jakarta Utara seperti dikutip utara.jakarta.go.id (14/1/2019).

[Baca Juga: Ketahuilah Gejala dan Pengobatan untuk Kanker]

IVA tes menggunakan asam asetat atau asam cuka dengan kadar tiga sampai lima persen, yang kemudian diusapkan pada leher rahim. Setelah itu, hasilnya akan langsung diketahui, apakah dicurigai memiliki kanker serviks atau tidak.

Ketika jaringan leher rahim memiliki sel kanker, maka biasanya jaringan akan terlihat luka, berubah menjadi putih, atau bahkan mengeluarkan darah ketika diberikan asam asetat. Sementara, jaringan leher rahim yang normal, tidak akan menunjukkan perubahan apapun.

Pemeriksaan ini dianggap pemeriksaan awal yang efektif dan murah untuk mendeteksi kanker serviks. Pasalnya, tidak dibutuhkan waktu dan pengamatan laboratorium lagi untuk tahu hasilnya. Selain itu, kelebihan IVA tes lainnya adalah pemeriksaan ini aman dilakukan kapan pun. Selain itu, pemeriksaan ini tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Lomba IVA Tes

Adanya kepedulian dari semua unsur untuk bersama-sama melakukan upaya pencegahan penyakit kanker serviks membuat Jakarta Utara, khususnya RW 08 Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing terpilih sebagai perwakilan DKI Jakarta untuk maju dalam lomba IVA tes tingkat nasional yang akan berlangsung tahun ini.

Bahkan jajaran Puskesmas Kecamatan Cilincing dengan berbagai inovasinya berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Seperti dikatakan Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing drg.Leny Ariyani, Inovasi tersebut dinamakan Detektif Rakanita atau deteksi aktif gerakan peduli wanita.

[Baca Juga: Puskesmas Cilincing Luncurkan Aplikasi Tumbuh Kembang Anak]

"Inovasi kita namanya Detektif Rakanita atau deteksi aktif gerakan peduli wanita yang merupakan kolaborasi antara petugas kesehatan yang bertindak sebagai detektifnya dan kader posyandu sebagai Kader Rakanita. Kemudian pembentukan Duta Supri (Suami Peduli Rahim Istri) di setiap RW," kata Leny.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.