Pemkot Jakarta Utara Targetkan 2020 HIV Dieliminasi Sepenuhnya

Kesehatan

Pemkot Jakarta Utara Targetkan 2020 HIV Dieliminasi Sepenuhnya

DKI Jakarta saat ini dipilih menjadi bagian dari pilot project program nasional terkait penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia. Hal ini akan direalisasikan dengan mempercepat program Fast Track Jakarta City Ending AIDS Epidemic 2020 yang sempat diulas pada tahun 2016 oleh Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta. Dengan terpilihnya Ibu Kota untuk pilot proyek ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara pun langsung bersiap melakukan koordinasi dengan jajarannya demi tercapai target bebas HIV/AIDS pada tahun 2020 di wilayahnya.

Pembahasan mengenai program percepatan ini dilaksanakan di kantor Wali Kota Jakarta Utara pada 20 Agustus 2019 pada kegiatan Pengembangan dan Penguatan Jejaring Program HIV AIDS. Asisten Kesehatan Rakyat Wawan Budi Rohman dari Pemerintah Provinsi DKI menjelaskan, target mengakhiri penyakit HIV dan AIDS pada tahun depan dibutuhkan kerjasama berbagai pihak untuk turut membantu proses realisasinya.

Pemkot Jakarta Utara Targetkan 2020 HIV Dieliminasi Sepenuhnya

Menurut Wawan, aspek yang penting dalam menjalankan program ini adalah edukasi mengenai HIV/AID kepada masyarakat Ibu Kota. “Terutama meningkatkan pemahaman masyarakat akan bahaya penyakit tersebut, baik dari cara penularan atau pun penanggulangannya,” ujarnya sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (21/8/2019).

Selain itu, menurut Wawan, aspek yang dibutuhkan untuk program percepatan ini adalah mengenai tes HIV serta obat ARV yang mudah diakses masyarakat. Sekadar informasi, obat ARV atau ART merupakan obat antiretroviral yang harus dikonsumsi penderita AIDS demi memperkuat sistem imun di tubuhnya.

[Baca Juga: Tahun 2030, Indonesia Komitmen Bebas Epidemi HIV/AIDS]

Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Utara pun siap untuk membantu realisasi program ini di wilayah. Pihak Sudin Kesehatan Jakarta Utara disebut langsung berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD).

Menurut Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Utara dr. Yudi Dimyati, selain koordinasi dengan SKPD dan UKPD, piaknya juga perlu bantuan dari PKK, LSM, hingga masyarakat untuk membantu proses pengobatan penderita HIV. Aspek terpenting dalam koordinasi ini adalah untuk membantu mendorong masyarakat mau melakukan screening tes HIV.

[Baca Juga: Patahkan Stigma HIV/AIDS, Tesa Ikut Ramaikan Jakarta Marathon 2018]

“Agar kasus tersebut bisa ditemukan lebih dini sehingga dapat dilakukan pengobatan ART. Tujuannya tidak terjadi penularan sekaligus adanya peningkatan kualitas hidup Orang Dengan HIV AIDS (ODHA),” ucap Yudi.

Sudin Kesehatan Jakarta Utara sudah memiliki target tes screening HIV sekitar 65.636 orang di tahun ini dan hingga bulan Juli 2019 sudah hampir setengahnya yang sudah menjalani tes tersebut. Selain itu, demi mendukung proses percepatan eliminasi HIV/AIDS sepenuhnya, Jakarta Utara sendiri telah memiliki 21 layanan konseling dan tes HIV, serta 16 lokasi untuk perawatan ARV.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.