Pemkot Jakarta Utara Targetkan 2020 HIV Dieliminasi Sepenuhnya

Kesehatan

Pemkot Jakarta Utara Targetkan 2020 HIV Dieliminasi Sepenuhnya

DKI Jakarta saat ini dipilih menjadi bagian dari pilot project program nasional terkait penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia. Hal ini akan direalisasikan dengan mempercepat program Fast Track Jakarta City Ending AIDS Epidemic 2020 yang sempat diulas pada tahun 2016 oleh Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta. Dengan terpilihnya Ibu Kota untuk pilot proyek ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara pun langsung bersiap melakukan koordinasi dengan jajarannya demi tercapai target bebas HIV/AIDS pada tahun 2020 di wilayahnya.

Pembahasan mengenai program percepatan ini dilaksanakan di kantor Wali Kota Jakarta Utara pada 20 Agustus 2019 pada kegiatan Pengembangan dan Penguatan Jejaring Program HIV AIDS. Asisten Kesehatan Rakyat Wawan Budi Rohman dari Pemerintah Provinsi DKI menjelaskan, target mengakhiri penyakit HIV dan AIDS pada tahun depan dibutuhkan kerjasama berbagai pihak untuk turut membantu proses realisasinya.

Pemkot Jakarta Utara Targetkan 2020 HIV Dieliminasi Sepenuhnya

Menurut Wawan, aspek yang penting dalam menjalankan program ini adalah edukasi mengenai HIV/AID kepada masyarakat Ibu Kota. “Terutama meningkatkan pemahaman masyarakat akan bahaya penyakit tersebut, baik dari cara penularan atau pun penanggulangannya,” ujarnya sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (21/8/2019).

Selain itu, menurut Wawan, aspek yang dibutuhkan untuk program percepatan ini adalah mengenai tes HIV serta obat ARV yang mudah diakses masyarakat. Sekadar informasi, obat ARV atau ART merupakan obat antiretroviral yang harus dikonsumsi penderita AIDS demi memperkuat sistem imun di tubuhnya.

[Baca Juga: Tahun 2030, Indonesia Komitmen Bebas Epidemi HIV/AIDS]

Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Utara pun siap untuk membantu realisasi program ini di wilayah. Pihak Sudin Kesehatan Jakarta Utara disebut langsung berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD).

Menurut Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Utara dr. Yudi Dimyati, selain koordinasi dengan SKPD dan UKPD, piaknya juga perlu bantuan dari PKK, LSM, hingga masyarakat untuk membantu proses pengobatan penderita HIV. Aspek terpenting dalam koordinasi ini adalah untuk membantu mendorong masyarakat mau melakukan screening tes HIV.

[Baca Juga: Patahkan Stigma HIV/AIDS, Tesa Ikut Ramaikan Jakarta Marathon 2018]

“Agar kasus tersebut bisa ditemukan lebih dini sehingga dapat dilakukan pengobatan ART. Tujuannya tidak terjadi penularan sekaligus adanya peningkatan kualitas hidup Orang Dengan HIV AIDS (ODHA),” ucap Yudi.

Sudin Kesehatan Jakarta Utara sudah memiliki target tes screening HIV sekitar 65.636 orang di tahun ini dan hingga bulan Juli 2019 sudah hampir setengahnya yang sudah menjalani tes tersebut. Selain itu, demi mendukung proses percepatan eliminasi HIV/AIDS sepenuhnya, Jakarta Utara sendiri telah memiliki 21 layanan konseling dan tes HIV, serta 16 lokasi untuk perawatan ARV.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.