Pemkot Jakarta Utara Wacanakan Marunda Kepu Jadi Lokasi Wisata 1.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Utara Wacanakan Marunda Kepu Jadi Lokasi Wisata

Mendengar Jakarta Utara, tentu yang terbanyangkan adalah laut, wilayah bersuhu panas, berdebu, dan banyak kendaraan besar. Namun dibalik itu, wilayah Jakarta Utara ini memiliki 12 destinasi wisata pesisir yang bisa menjadi alternatif destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga maupun kerabat.

Melihat kondisi itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Adminitrasi Jakarta Utara berencana menjadikan kawasan pesisir Marunda Kepu, Kelurahan Marunda, Cilincing sebagai lokasi rekreasi wisata memancing dan kuliner.

[Baca Juga: Wisata Rumah Tokoh Legendaris Betawi di Kampung Marunda]

Untuk merealisasikan rencana tersebut perlu dibangun sejumlah sarana dan prasaran di kawasan yang terletak di bagian hilir Banjir Kanal Timur (BKT) ini. Hal itu seperti yang disampaikan Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim.

Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim

Seperti dikutip dari laman Berita Jakarta (10/3/2019), pihaknya sudah mengajukan pembangunan sarana dan prasarana pada anggaran 2020 mendatang. sedangkan untuk perencanaannya dilaksanakan pada tahun 2019.

“Lokasi ini mau kami fungsikan untuk rekreasi masyarakat. Salah satunya sebagai tempat mancing dan olahraga. Ada kulinernya juga,” kata Ali.

Dengan begitu, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung rencana menjadikan kawasan pesisir Marunda Kepu sebagai lokasi rekreasi wisata dengan turut menjaga kebersihan, salah satunya mengurangi penggunaan produk plastik sekali pakai.

[Baca Juga: 74 Lokasi Konservasi Jadikan Gerakan Bersih Sampah]

“Kita jaga kebersihan dan merawat lingkungan. Pokoknya tahun ini kita anggarkan usulan desain dan tahun 2020 mudah-mudahan kita jadikan lokasi rekreasi bagi masyarakat,” ucap Ali.

Saat ini kawasan tersebut hanya diisi sejumlah lapak pedagang yang menjajakan makanan serta umpan ikan bagi para pemancing. Pada Minggu (10/3/2019) lalu, Pemkot Jakarta Utara melakukan pembersihan sampah di kawasan tersebut dengan melibatkan ratusan personel gabungan.

Ali juga mengatakan, kawasan itu menjadi tempat bertumpuknya sampah yang terbawa dari laut akibat hembusan angin muson barat sejak Desember 2018. Pihaknya tidak bisa memastikan sampah itu berasal dari mana.

“Ini sampahnya berasal dari laut. Yang jelas untuk 13 sungai yang bermuara ke sembilan muara di Jakarta Utara sampahnya sudah kami cegah dengan adanya selatan-selatan,” jelas Ali.

[Baca Juga: Kantor Wali Kota Jakarta Utara Kini Sediakan Taman Penitipan Anak]

Sekadar diketahui, kawasan Marunda terletak di tepi pantai utara Jakarta dan berjarak sekitar tiga kolometer dari pelabuhan Tanjung Priok. Awalnya, Marunda memiliki luas areal 413,35 hektare yang terdiri dari 103,6 hektare berstatus berikat, 297,80 hektare berstatus non berikat, dan sisanya 11,95 hektare berupa lahan Sarang Bangi dan eks Sudiraja.

Kini, Marunda memiliki luas areal 393,89 hektare karena dipergunakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk proyek Banjir Kanal Timur. Di lokasi ini terdapat 12 pelanggan pengolahan (produsen) yang telah beroprasi, 11 di antaranya pelanggan asing. Selin itu, juga terdapat 32 perusahaan pergundangan, tujuh perusahaan dermaga dan 19 usaha pendukung jasa lainnya.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.