Pemkot Jakbar Bersiap Tertibkan PKL di Kota Tua

Berita Kawasan

Pemkot Jakbar Bersiap Tertibkan PKL di Kota Tua

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan kehadiran pedagang kali lima atau PKL di kawasan Kota Tua Jakarta membuat lokasi wisata tersebut menjadi terkesan semrawut. Bahkan acap kali keberadaan PKL juga memicu kemacetan di sana apalagi saat akhir pekan atau musim liburan. Namun menjamurnya PKL ini disinyalir segera berakhir dengan rencana penataan Kota Tua yang akan dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) yang dibantu pihak Bank Indonesia.

Rencana ini disampaikan saat pertemuan antara Wali Kota Jakbar Rustam Effendi bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Hamird Ponco Wibowo (27/6/2019). Menurut penjelasan Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakbar Edi Mulyanto, pada pertemuan di kantor Wali Kota Jakbar tersebut, Bank Indonesia mengadakan silaturahmi yang juga diadakan untuk menjalin kerjasama dengan Pemprov Jakbar.

Pemkot Jakbar Bersiap Tertibkan PKL di Kota Tua

Kerjasama yang dijalin mencakup dua hal, yakni edukasi wisata sampah di wilayah Cengkareng dan penataan PKL di Kota Tua Jakarta. “Rencananya, kami menata para pedagang di Jalan Lada, Kemukus, Kalis Besar, dan lainnya (serta-red) pada lokasi gedung milik pemerintah. Tapi, kami akan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pihak konsorsium Kota Tua terkait perizinan,” ucap Edi, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (28/6/2019).

[Baca Juga: Disparbud DKI Menata Jalur Di Kota Tua untuk Tingkatkan Wisatawan]

Rencana penertiban ini sebenarnya senada dengan wacana dari Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua yang ingin meresmikan Kali Besar Timur di kawasan tersebut sebagai lokasi foto instagramable. Di mana dalam upaya pembenahannya, para PKL akan dialokasikan ke bagian lantai bawah Gedung Cipta Niaga.

Sekadar informasi, stakeholders Kota Tua Jakarta sebenarnya sudah menyediakan lokasi untuk para PKL agar bisa menggelar dagangannya tanpa membuat keadaan semrawut. Lokasi itu berada di Jalan Cengkeh yang memang memiliki area luas serta dilengkapi lahan parkir untuk kendaraan bermotor.

[Baca Juga: Kantor Wali Kota Jakarta Barat Gelar Bazar Ramadan Selama 2 Hari]

Sayangnya, sebagaimana dilansir dari poskotanews.com, para PKL kurang berminat dengan area di Jalan Cengkeh. Pasalnya, mereka memandangnya kurang strategis dan memilih untuk berjualan di jalanan kawasan Kota Tua Jakarta. Pada April 2019, Lurah Tamansari Risan H. Mustar menjelaskan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan penertibannya dan membutuhkan pemangku kepentingan di Jakbar lainnya untuk menangani masalah PKL di Kota Tua.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  3 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.