Pemkot Jakbar Siapkan Gedung Pemerintah Ramah Disabilitas

Berita Kawasan

Pemkot Jakbar Siapkan Gedung Pemerintah Ramah Disabilitas

Anda tentu masih ingat dengan acara olahraga terbesar di Asia yang digelar tahun lalu? Pada saat itu, DKI Jakarta di dapuk menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games. Penyelenggaraan acara internasional ini mendorong Jakarta untuk jadi tempat yang ramah untuk para atlet disabilitas.

Setelah acara tersebut selesai pun, pemerintah semakin gencar mengkampanyekan kawasan yang ramah disabilitas. Upaya menjadikan Indonesia yang ramah disabilitas sebenarnya sudah muncul sejak lama, namun sejak ada penyelenggaraan tersebut, masyarakat makin memerhatikan masalah ini.

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

Maka dari itu Kementerian Sosial terus melakukan upaya untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas. Menanggapi hal ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat Intruksi Gubernur No.14 Tahun 2019, yang isinya mengenai aksesbilitas bagi penyandang disabilitas di lingkungan Pemda DKI Jakarta.

Intruksi ini tentunya harus dijalani semua bagian pemerintah daerah di Jakarta agar ibukota dapat mewujudkan dirinya sebagai kota bebas disabilitas segera. Maka dari itu, untuk mengikuti intruksi tersebut Pemkot Jakarta Barat melakukan inventarisasi gedung pemerintah yang memiliki sarana dan prasarana ramah disabilitas. Inventarisasi meliputi penyediaan akses, toilet, lift serta parkir kendaraan yang ramah disabilitas.

[Baca Juga: ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan]

“Kita diminta untuk menginventarisasi untuk pembangunan sarana dan prasarana yang ramah disabilitas pada masing-masing kantor, termasuk nanti ke depannya kawasan yang ramah disabilitas,” ujar Sekertaris Kota Jakarta Barat Eldi Andi saat ditemui di kantor Walikota Jakarta Barat (13/5/2019) seperti dilansir dari barat.jakarta.go.id (14/5/2019).

Inventarisasi sarana dan prasarana yang ramah disabilitas itu dalam rangka menjalan instruksi gubernur. “Jakarta Barat sebenarnya sudah memiliki kawasan Jalan Puri Harum yang dilengkapi sarana jogging track dan ubin pemandu disabilitas. Begitu pula lift kantor di blok B walikota juga sudah ramah disabilitas,” kata Eldi.

[Baca Juga: Edukasi Khusus bagi Orangtua Penyandang Difabel]

“Selain itu, Jakarta Barat juga memiliki kawasan yang ramah disabilitas lainnya, seperti Jalan Lapangan Bola, Kebon Jeruk. Kami (pemkot) telah melakukan survei bersama komunitas penyandang disabilitas, dari depan kantor camat kebon jeruk sampai dengan RCTI,”ujarnya.

Sedangkan untuk Blok A, Kantor Walikota Jakarta Barat, telah disediakan kursi roda untuk membantu para disabilitas, namun belum memiliki lift yang ramah disabilitas, termasuk rambu atau simbol dengan sistem cetak timbul “penyandang disabilitas” pada bagian luarnya.

Eldi menambahkan, nantinya semua kantor camat dan lurah akan memiliki sarana dan prasana lengkap untuk disabilitas.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.