Pemkot Jogja Adakan Pasar Daring untuk Kurangi Kegiatan Luar Rumah

Bisnis

Pemkot Jogja Adakan Pasar Daring untuk Kurangi Kegiatan Luar Rumah

Selama masa pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah untuk urusan yang tidak penting. Jika untuk bekerja atau membeli kebutuhan harian di pasar atau super market masih diperbolehkan. Namun untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Kota Yogayakarta akan menyiapkan pasar daring (online).

Hal ini tentu dipersiapkan agar masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah. Pasar daring diadakan untuk melayani masyarakat di tengah pandemi ini disambut positif oleh masyarakat Kota Yogyakarta. Kepala Disperindag Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono mengatakan saat ini pasar daring di enam pasar di Kota Yogyakarta.

Pemkot Jogja Adakan Pasar Daring untuk Kurangi Kegiatan Luar Rumah

"Sekarang malah berkembang lebih banyak yang menggunakan pasar daring, kita harapannya setelah masa pandemi COVID-19 ini pasar daring tetap bisa berjalan," ujar Yunianto seperti dikutip dari jogjakota.go.id (26/5/2020).

Yunianto mengucapkan, setiap wilayah di Kota Yogyakarta harus memiliki pasar daring untuk mencakup masyarakat secara luas. Ia melanjutkan, idealnya pasar daring ada di beberapa wilayah kota Yogyakarta, misalnya ada di Yogya Selatan, Barat, Timur, dan Utara, jadi setiap zona mewakili wilayah ada.

Maka dari itu, Pemkot Jogja bekerja sama dengan Gojek untuk memberikan layanan pasar daring, namun tidak menutup kemungkinan bahwa pedagang memberikan layanan tambahan kepada masyarakat agar tidak sering keluar rumah saat masa pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Efek Corona, Pemda DIY Beri Keringanan Retribusi Pedagang Pasar]

"Sebelum kerjasama masyarakat bisa memesan bahan makanan dengan menggunakan aplikasi pesan singkat WhatsApp, kalau di luar bahan pokok misalnya pakaian merek banyak yang sudah menggunakan aplikasi e-commerce," sebut Yunianto.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengimbau kepada pengelola supermarket, agar menegakkan protokol kesehatan dengan baik. Pihaknya belajar dari kejadian klaster Indogrosir, jadi harus lebih diperhatikan pihak supermarket untuk menegakkan protokol COVID-19 yang lebih baik dan sesuai.

"Saya harap layanan publik yang sifatnya ekonomi sosial, maupun masyarakat harus menegakkan protokol COVID-19. Kalau masyarakat bisa di rumah ya di rumah saja, kita sudah ada pasar daring, masyarakat bisa manfaatkan layanan itu," sebut Heroe.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 8 months lalu
    anisa

    ⁣Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slot online di situs QQHARIAN (bisa cari atau search di google) ya guys. Yang dimana menyediakan Berbagai Bonus baik new member maupun member setia kami. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHARIAN serta ambil bonusnya sekarang juga.