Pemkot Jogja Lakukan Rapid Test di 18 Puskesmas

Kesehatan

Pemkot Jogja Lakukan Rapid Test di 18 Puskesmas

Untuk menurunkan tingkat kasus COVID-19 di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota (pemkot) Yogyakarta melakukan rapid test COVID-19 di 18 Puskesmas. Rapid test ini dilakukan untuk mengetahui dan melakukan pengecekan terkait klaster Indogrosir. Pemkot Jogja mencari siapa saja warga Jogja yang melakukan kontak di klaster tersebut.

Rapid test tersebut dilakukan pada 12 Mei lalu di Puskesmas pembantu Tegalrejo yang dipantau langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dengan menggunakan standar protokol COVID-19. Para petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) secara lengkap serta mengatur jadwal kedatangan peserta rapid test di Puskesmas Tegalrejo agar tak terjadi kerumunan di area puskesmas.

Mengutip dari jogjakota.go.id (13/5/2020) Heroe menyebutkan, tujuan rapid tes ini adalah untuk melacak siapa saja warga Jogja yang sempat melakukan aktivitas belanja di Indogrosir beberapa waktu lalu. Pihaknya berusaha secepat mungkin untuk melakukan pelacakan untuk mengetahui mana warga yang melakukan kontak langsung dengan kluster Indogrosir.

[Baca Juga: Dishub Yogyakarta Berikan Binaan untuk Juru Parkir Terkait COVID-19]

‚ÄĚPengecekan ini dilakukan agar kita mengetahui petanya siapa saja yang ke sana. Dalam rapid test dilakukan selama tiga hari," ujar Heroe.

Secara keseluruhan ada sebanyak 343 warga Kota Yogyakarta yang mendaftar untuk melakukan rapid test, sedangkan yang terdaftar pada Puskesmas Pembantu Tegalrejo sebanyak 93 orang dan merupakan jumlah terbanyak dibandingkan dengan puskesmas lainnya di Kota Yogyakarta. Karena peserta yang membludak, pengetasan dilakukan setiap 30 orang.

Heroe menyebutkan, setelah hasilnya keluar dan reaktif maka pasien akan dibawa kerumah sakit, shelter, atau tetap di rumah untuk melakukan isolasi mandiri. Namun tetap akan ditinjau kembali bagaimana kondisi rumahnya, apakah layak untuk melakukan isolasi mandiri atau tidak.

Pemkot Jogja Lakukan Rapid Test di 18 Puskesmas

"Untuk hari ini jika ada sesuatu pasien akan langsung dimasukkan ke rumah sakit atau shelter. Untuk shelter total ada 90 kamar untuk isolasi, 30 kamar itu ada di Kemensos, dan sisanya di rumah sakit. Memang ada penambahan kamar untuk shelter yang ada di rumah sakit, awalnya kan hanya 40 kamar. Shelter tersebut disiapkan khusus untuk mengantisipasi klaster Indogrosir," kata Heroe.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Yudiria Amelia menambahkan, total pendaftar melalui Corona Monitoring System (CMS) mencapai 343. Dari total pendaftar tersebut yang menkonfirmasi ulang akan datang ke puskesmas sebanyak 57 orang.

"Melakukan konfirmasi ulang ada sebanyak 57 orang, nantinya yang belum melakukan konfirmasi ulang akan tetap kita cari karena telah terdaftar di CMS," pungkas Yudiria.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.