pasar.jpg

Bisnis

Pemkot Malang Akhirnya Gelar Pasar Murah Secara Online

Setelah kegiatan pasar murah Ramadan yang rencananya kan digelar pada 7 hingga 8 Mei di halaman Stadion Gajayana Kota Malang batal dilaksanakan oleh Pemkot Malang karena pertimbangan risiko penularan COVID-19 serta protes dari masyarakat, karena kegiatan tersebut dianggap tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik, Pemkot Malang menemukan solusi untuk hal tersebut. Pemkot Malang akhirnya memutuskan tetap menggelar kegiatan pasar murah Ramadan secara online pada 10 hingga 11 Mei 2021.

Kegiatan pasar murah Ramadan sendiri merupakan salah satu kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan Pemkot Malang di setiap Bulan Ramadan untuk mengontrol harga bahan pokok menjelang Idulfitri, serta agar masyarakat dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Dengan diadakannya pasar murah secara online, Pemkot Malang berharap hal itu akan mengurangi potensi kerumunan masyarakat dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan.

Pasar Murah Ramadan Kota Malang

Dalam kegiatan pasar murah yang diselenggarakan secara online tersebut, pembelinya hanya dikhususkan bagi masyarakat Kota Malang. Selain itu, dalam kegiatan ini, dijual pelbagai kebutuhan pokok seperti beras, pelbagai jenis daging sapi, tepung terigu, telur ayam, dan beranekaragam pilihan kebutuhan pokok lainnya. Sesuai dengan namanya, yaitu pasar murah, bahan-bahan kebutuhan pokok ini dijual dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

Sebagai contohnya, iga sapi yang harga pasarannya berada di kisaran Rp100.000, di pasar murah online dijual seharga Rp87.000. Selain itu, dijual juga kebutuhan pokok yang dikemas dalam bentuk paket. Untuk paket sembako, dalam satu paket berisi gula sebanyak 1 kg, kecap 600 ml, minyak goreng 1L, dan beras sebanyak 2 kg, yang dijual seharga Rp40.000, lebih murah dari harga pasarannya yang berada di kisaran R 75.000.

[Baca Juga: Pasar Murah Ramadan Batal Diadakan di Kota Malang]

Untuk kegiatan ini, Pemkot Malang mempromosikannya melalui akun media sosial Twitter, Facebook, dan Instagram dari pemerintah Malang. Selain memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kegiatan tersebut, Pemkot Malang juga menjelaskan aturan serta cara pembelian bahan-bahan pokok yang dijual di pasar murah melalui postingan di akun media sosial. Untuk pembeliannya, masyarakat bisa memilih bahan yang ingin mereka beli dan memasukkannya ke dalam keranjang.

Setelah itu pembeli akan diminta mengisi daftar informasi pribadi termasuk mengunggah foto KTP. Setelah mengisi semua data yang diperlukan, pembeli bisa langsung memesannya dan menunggu pesanan mereka dikirimkan langsung ke alamat pembeli. Tidak hanya itu, dalam pembelian ini, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos kirim dari bahan pokok yang mereka pesan, karena digratiskan oleh Pemkot Malang.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.