Pemkot Medan Hadirkan Tim Penertiban dan Sosialisasi Penggunaan Masker

Berita Kawasan

Pemkot Medan Bentuk Tim Penertiban & Sosialisasi Penggunaan Masker

Walau Kota Medan belum menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB untuk menekan penyebaran COVID-19 secara secara resmi, tapi pemerintahnya sudah secara tegas merealisasikan sejumlah praktiknya secara tegas. Sehingga tak heran bila pemantauan penggunaan masker bagi para warga Medan yang berada di luar rumah menjadi sorotan. Demi memastikan kebijakan ini benar-benar diikuti, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melepaskan tim khusus yang mengawasi hal ini.

Ketegasan penggunaan masker di wilayah Kota Melayu Deli ini sebenarnya sudah diperlihatkan pada pekan lalu oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution. Di mana ia melakukan sidak di salah satu pasar di Kota Medan dan menegur para pedagang yang tidak memakai masker, bahkan tak segan mengusir pedagang teri yang tidak membawa masker.

Pemkot Medan Hadirkan Tim Penertiban dan Sosialisasi Penggunaan Masker

Demi menunjukkan keseriusan Pemkot Medan terhadap penggunaan masker ini, Akhyar Nasution baru-baru ini melepaskan Tim Penertiban dan Sosialisasi Penggunaan Masker untuk mulai bertugas pada akhir pekan lalu. Di mana para petugas dari tim khusus ini terdiri dari jajaran kecamatan, Kepolisian Sektor (Polsek), Komando Rayon Militer (Koramil), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Menurut Akhyar Nasution, keberhasilan tim ini tak terlepas dari hasil rapat sebelumnya yang digelar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkompinda Kota Medan. Di mana dalam rapat itu ditemukan fakta lapangan terkait para warga Kota Medan yang cenderung memiliki kesadaran rendah dalam perihal penggunaan masker, aktivitas berkumpul ramai-ramai, serta menjaga jarak ketika berada di luar rumah.

[Baca Juga: Pertegas Social Distancing, Pemkot Medan Tiadakan Meja di Restoran]

Selain menghadirkan Tim Penertiban dan Sosialisasi Penggunaan Masker, Pemkot Medan juga memahami terkait sulitnya menemukan masker di pasaran. Namun Plt Wali Kota Medan menyebut, masker medis yang dijual lebih diperuntukkan kepada para tega medis dan warga cukup menggunakan masker kain. Bahkan demi melancarkan kebijakan ini, pihaknya juga siap menggelar gerakan bagi-bagi masker untuk warga Kota Medan.

“Pemkot Medan juga melaksanakan gerakan 1 juta Masker Kain yang akan dibagikan kepada warga. Tentunya jumlah ini masih kurang dengan jumlah penduduk Medan yang mencapai tiga juta jiwa. Untuk itu, kami menghimbau bagi masyarakat yang memiliki kemampuan untuk membeli masker agar dapat membelinya,” jelas Akhyar usai memimpin apel pelepasan Tim Penertiban dan Sosialisasi Penggunaan Masker, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (11/4/2020).

Dijelaskan bahwa masker yang dibagikan untuk antisipasi COVID-19 pada gerakan ini merupakan masker kain buatan UMKM Kota Medan. Dengan Plt Wali Kota Medan yang juga sempat memberikan sosialisasi kepada para warga sekaligus memberikan mereka masker.

[Baca Juga: Puluhan Hotel di Kota Medan Tutup Terdampak COVID-19]


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.