Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP

Dalam menyambut tahun ajaran 2020/2021 di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan mengadakan Pendaftaran Penerimaan Peserta DIDIK Baru atau PPDB 2020 secara online. Di mana mulai pekan ini PPDB Medan Tahun 2020 ini sudah mulai dibuka dan diujicobakan. Namun tampaknya proses pendaftaran ini tidak berjalan mulus dengan laporan para orangtua yang mengeluhkan mereka kesulitan untuk mendaftarkan putra-putrinya.

Proses uji coba PPDB Medan Tahun 2020 ini langsung dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution. Di mana kegiatan ini digelar di ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan pada 4 Juni 2020 dengan Akhyar yang meninjau alur proses pendaftaran di laman PPDB Kota Medan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Website ini sangat bagus, karena masyarakat dapat mendaftar sekolah dengan menggunakan (perangkat) Android masing-masing,” ujar Plt Wali Kota Medan tersebut, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (4/6/2020).

Akhyar menyebut, dalam laman PPDB Medan ini, terdapat empat jalur pendaftaran yang terdiri dari jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur mutasi. Dengan semua jalur pendaftaran yang tersedia ini, orangtua beserta calon pelajar bisa menyesuaikan sistem mana yang akan dipilih. Plt Wali Kota Medan itu pun mengimbau untuk orangtua sudah mulai mengakses laman tersebut, mengingat saat ini sudah bisa diakses di alamat ppdb.pemkomedan.go.id.

“Jadi bagi masyarakat yang ingin mendaftar sekolah SMP gunakan sistem online ini, lengkapi setiap persyaratan yang dibutuhkan,” tambahnya. Pihak Dinas Pendidikan Kota Medan sendiri menjelaskan, PPDB Medan Tahun 2020 tidak hanya untuk peserta didik yang berasal dari Kota Melayu Deli tapi juga warga luar Kota Medan bisa mendaftarkan diri.

Syarat utama yang perlu dipersiapkan oleh para orangtua dan calon peserta didik adalah pas foto, kartu keluarga, lampiran nilai kelulusan ijazah, dan alamat email yang aktif. “Salah satu syarat pendaftar harus memiliki email karena seluruh informasi terkait pendaftaran dikirim melalui email yang bersangkutan,” sebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan Zain Noval.

Namun di sisi PPDB Medan 2020 untuk tingkat SMA dan SMK tampaknya terdapat carut marut. Di mana pendaftaran tahap pertama telah dilakukan 26 Mei sampai 8 Juni 2020 untuk pendaftaran Peserta Jalur Prestasi Akademik dan Non-Akademik, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan/ atau Anak Guru, dan Jalur Afirmasi. Dengan banyak orangtua yang kebingungan dengan sistem pendaftaran secara online.

Kebingungan ini terlihat ketika para orang tua calon siswa-siswi tingkat SMA/SMK Negeri yang mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Cabang Medan Selatan di Kecamatan Medan Polonia pada 4 Juni 2020. Dengan mayoritas mempermasalahkan kendala dalam mengakses laman PPDB Medan

“Karena error itu kita takut, apakah ini sudah terdaftar atau belum anak kami. Ada yang nama sekolah asalnya tidak terdaftar. Terus enggak bisa di-print, masalahnya hampir sama semua,” tegas salah satu orangtua calon murid, sebagaimana dikutip dari sumut.idtimes.com (4/6/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....