Pemkot Medan Salurkan Ratusan Ribu Paket Bantuan ke Masyarakat

Berita Kawasan

Pemkot Medan Salurkan Ratusan Ribu Paket Bantuan ke Masyarakat

Baru-baru ini Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menyiapkan ratusan ribu paket bantuan sosial atau bansos. Di mana paket-paket ini merupakan bantuan tahap kedua yang disalurkan Pemkot Medan untuk masyarakat Kota Melayu Deli yang terkena dampak ekonomi dari pandemi COVID-19. Dengan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang meminta semua pihak yang bekerja untuk menyalurkan bantuan ini harus tetap menjalani protokol kesehatan dan mencegah terjadinya kerumuman warga yang malah nanti dapat berpotensi menyebarkan virus SARS-CoV-2.

Sebelum dimualinya pembagian bansos tahap kedua, Pemkot Medan menggelar rapat bersama unsur tiga pilar di wilayahnya pada 15 Mei 2020. Pada rapat itu, Plt Wali Kota Medan diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman yang meminta Polrestabes Medan dan Kodims 0201/BS turut membantu dalam membahas mekanisme penyaluran ratusan ribu bansos untuk setiap kecamatan di Kota Medan.

Pemkot Medan Salurkan Ratusan Ribu Paket Bantuan ke Masyarakat

Pada rapat yang digelar di kantor Wali Kota Medan itu, Wiriya mewanti-wanti semua pihak untuk mengawasi serta memastikan paket-paket bansos yang diserahkan memang untuk warga yang berhak. “Jangan main-main dengan pemberian bantuan ini, nama-nama penerima bantuan harus dicantumkan di setiap kelurahan agar gampang dilihat dan kepling (kepala lingkungan) yang mendata harus membuat surat pernyataan bahwa yang menerima bantuan sudah tepat sasaran,” sebut Sekda Kota Medan itu, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (15/5/2020).

Pembagian 300.000 paket bansos yang terdiri dari 20 kilogram beras dan dua kilogram gula itu pun mulai disalurkan pada 16 Mei 2020. Di mana Akhyar Nasution langsung turun ke lapangan untuk melakukan penyerahan secara simbolis sekaligus menitipkan pesannya kepada para camat terkait mekanisme pembagian bansosnya agar tak memicu penyebaran COVID-19 sekaligus transparansi untuk warga agar tak memicu fitnah.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Pemkot Medan Tinjau Check Point Operasi Ketupat]

“Jadi Pak Camat, saya titip bantuan ini. Ikuti protokol kesehatan dalam penyalurannya dan amati,” ungkap orang nomor satu di Kota Medan itu usai memberikan paket-paket bansos secara simbolis kepada para warga Kecamatan Medan Barat dan Medan Timur di Gudang Bulog.

Menurut keterangan Kepala Dinas Sosial Medan Endar Sutan Lubis, ratusan ribu bansos ini tak hanya akan diberikan kepada warga Kota Melayu Deli semata. Tapi orang-orang yang berasal dari wilayah lain yang tak bisa mudik akibat pandemi COVID-19 dan terpaksa berdiam di Kota Medan pun turut berhak diberikan bansos tersebut.

“Itu pula menjadi dasar kami menyiapkan 300.000 paket bantuan, walaupun yang diusulkan 256.000 lebih kepala keluarga. Hal ini dimaksudkan agar ada cadangan. Dan juga kami mendapat instruksi dari Plt Wali Kota, membantu orang yang bukan warga Medan tapi tidak bisa pulang. Misalnya, anak-anak kost, mahasiswa atau juga pekerja-pekerja yang memang tidak bisa pulang,” pungkas Endar.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 8 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>