panel suryaOK2.jpg

Properti dan Solusi

Pemkot Semarang Pasang Panel Surya Tahun Depan

Energi panel surya yang menjadikan energi matahari sebagai sumber energi utamanya memang menjadi alternatif untuk mengatasi kenaikan harga listrik konvensional dan juga non subsidi. Sumber energi yang bisa didapatkan secara gratis ini memang sangat cocok untuk dipakai di Indonesia mengingat negara ini terletak di garis khatulistiwa sehingga kaya akan sumber energi surya dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 per hari. Nyatanya penggunaan teknologi panel surya mampu mengurangi tagihan listrik sebesar lima puluh persen lho pointers.

Panel surya ternyata juga mampu mengurangi pemanasan global, selain itu panel surya tidak memerlukan tempat yang luas bahkan pemasangannya pun sangat mudah. Dengan cara mengonversi energi matahari menjadi energi listrik dan mengubahnya dari aliran DC ke AC, energi dari panel surya ini dapat digunakan untuk memberikan daya pada alat-alat listrik rumah tangga. Beberapa manfaat panel surya tersebut agaknya menjadi pertimbangan Pemerintah Kota Semarang untuk memaksimalkannya dengan memasang panel surya di Gedung Balai Kota Semarang serta Gedung Pandanaran pada tahun depan.

panel suryaOK3.jpg

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menuturkan jika program ini memang menjadi prioritas pemkot Semarang yang mengusung Konsep Green Building. Beberapa program lain yang dilakukan untuk menerapkan konsep ini antara lain membangun taman dan melakukan penghijauan di lingkungan Balai Kota Semarang. “Indonesia ini kan negara tropis, Semarang kan punya potensi panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk energi terbarukan, panel surya ini jadi program prioritas kami selain PLTSa (pembangkit listrik tenaga sampah),” ucap Hendrar Prihadi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (17/10/2021).

[Baca Juga: Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya]

Orang nomor satu di Kota Semarang ini mengatakan jika rencananya pemasangan panel surya akan dilaksanakan tahun depan. Ia beralasan dengan memanfaatkan panel surya nantinya akan menghemat pembayaran listrik sebesar 60 persen. Menurut Iswar Aminuddin selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, penggunaan solar sistem sebagai sumber energi listrik ini juga merupakan salah satu konsep Green Building.

Selain penerapan konsep Green Building, Pemkot Semarang juga tengah melakukan penataan lingkungan balai kota berupa penghijauan. Untuk menggencarkan program ini, pihaknya meminta para ASN yang masih berstatus staf dan eselon 4 untuk menggunakan transportasi umum ketika berangkat ke kantor. Penataan ini dimaksudkan agar mempercantik dan menjaga kerapihan lingkungan Balai Kota Semarang yang saat ini tampak berantakan.

panel suryaOK.jpg

Menilik sejarah Panel Surya, teknologi ini ternyata telah ada sejak abad ke 18 tepatnya di tahun 1839. Alexandre Edmond Becquerel adalah orang yang pertama kali mencetuskan teknologi fotovoltaik melalui percobaan penyinaran dengan dua elektroda. Ia adalah seorang ahli fisika asal Perancis yang melakukan penyinaran menggunakan selenium dan terbukti dapat menghasilkan energi listrik dalam jumlah sedikit. Percobaan inilah yang membuktikan jika listrik juga bisa dihasilkan dari energi cahaya.

Walaupun Albert Einstein pernah meneliti sel surya dengan percobaan efek fotolistrik pada tahun 1904, tapi baru pada tahun 1941, peneliti Russel Ohl akhirnya mampu mengembangkan teknologi panel surya. Teknologi yang ditemukannya ini nantinya dikenal dengan nama teknologi sel surya (solar cell) yang masih digunakan hingga saat ini.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.