panel suryaOK2.jpg

Properti dan Solusi

Pemkot Semarang Pasang Panel Surya Tahun Depan

Energi panel surya yang menjadikan energi matahari sebagai sumber energi utamanya memang menjadi alternatif untuk mengatasi kenaikan harga listrik konvensional dan juga non subsidi. Sumber energi yang bisa didapatkan secara gratis ini memang sangat cocok untuk dipakai di Indonesia mengingat negara ini terletak di garis khatulistiwa sehingga kaya akan sumber energi surya dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 per hari. Nyatanya penggunaan teknologi panel surya mampu mengurangi tagihan listrik sebesar lima puluh persen lho pointers.

Panel surya ternyata juga mampu mengurangi pemanasan global, selain itu panel surya tidak memerlukan tempat yang luas bahkan pemasangannya pun sangat mudah. Dengan cara mengonversi energi matahari menjadi energi listrik dan mengubahnya dari aliran DC ke AC, energi dari panel surya ini dapat digunakan untuk memberikan daya pada alat-alat listrik rumah tangga. Beberapa manfaat panel surya tersebut agaknya menjadi pertimbangan Pemerintah Kota Semarang untuk memaksimalkannya dengan memasang panel surya di Gedung Balai Kota Semarang serta Gedung Pandanaran pada tahun depan.

panel suryaOK3.jpg

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menuturkan jika program ini memang menjadi prioritas pemkot Semarang yang mengusung Konsep Green Building. Beberapa program lain yang dilakukan untuk menerapkan konsep ini antara lain membangun taman dan melakukan penghijauan di lingkungan Balai Kota Semarang. “Indonesia ini kan negara tropis, Semarang kan punya potensi panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk energi terbarukan, panel surya ini jadi program prioritas kami selain PLTSa (pembangkit listrik tenaga sampah),” ucap Hendrar Prihadi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (17/10/2021).

[Baca Juga: Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya]

Orang nomor satu di Kota Semarang ini mengatakan jika rencananya pemasangan panel surya akan dilaksanakan tahun depan. Ia beralasan dengan memanfaatkan panel surya nantinya akan menghemat pembayaran listrik sebesar 60 persen. Menurut Iswar Aminuddin selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, penggunaan solar sistem sebagai sumber energi listrik ini juga merupakan salah satu konsep Green Building.

Selain penerapan konsep Green Building, Pemkot Semarang juga tengah melakukan penataan lingkungan balai kota berupa penghijauan. Untuk menggencarkan program ini, pihaknya meminta para ASN yang masih berstatus staf dan eselon 4 untuk menggunakan transportasi umum ketika berangkat ke kantor. Penataan ini dimaksudkan agar mempercantik dan menjaga kerapihan lingkungan Balai Kota Semarang yang saat ini tampak berantakan.

panel suryaOK.jpg

Menilik sejarah Panel Surya, teknologi ini ternyata telah ada sejak abad ke 18 tepatnya di tahun 1839. Alexandre Edmond Becquerel adalah orang yang pertama kali mencetuskan teknologi fotovoltaik melalui percobaan penyinaran dengan dua elektroda. Ia adalah seorang ahli fisika asal Perancis yang melakukan penyinaran menggunakan selenium dan terbukti dapat menghasilkan energi listrik dalam jumlah sedikit. Percobaan inilah yang membuktikan jika listrik juga bisa dihasilkan dari energi cahaya.

Walaupun Albert Einstein pernah meneliti sel surya dengan percobaan efek fotolistrik pada tahun 1904, tapi baru pada tahun 1941, peneliti Russel Ohl akhirnya mampu mengembangkan teknologi panel surya. Teknologi yang ditemukannya ini nantinya dikenal dengan nama teknologi sel surya (solar cell) yang masih digunakan hingga saat ini.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.