nataruOK2.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Sukses Tekan Lonjakan COVID-19

Raport baik didapatkan Pemerintah Kota Semarang saat Evaluasi Penanganan Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Dalam Rakor Gubernur Jawa Tengah pada 3 Desember 2022 lalu, kinerja Pemerintah Kota Semarang saat Nataru dinilai cukup baik dan sesuai harapan. Hendrar Prihadi selaku Wali Kota Semarang mengatakan bahwa secara umum tempat-tempat wisata telah menerapkan prokes dengan baik.

Upaya yang dilakukan Pemkot Semarang ini telah terbukti mencegah terjadinya penambahan kasus COVID-19 pasca libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Ia membandingkan momen Natal dan Tahun Baru di tahun sebelumnya dimana terjadi kenaikan kasus yang cukup tajam. "Hal tersebut sangat berbeda dengan momentum natal dan tahun baru di Kota Semarang sebelumnya, di mana mencatatkan lonjakan kasus Covid-19 yang cukup signifikan," ucap Hendi sapaan akrabnya dalam rilis tertulis yang diterima PingPoint.co.id (3/1/22).

nataruOK3.jpg

Pada Nataru 2022 ini, beberapa upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang terbilang efektif melalui pembatasan-pembatasan kegiatan yang telah diatur dalam Instruksi Wali Kota Semarang. Beberapa lokasi wisata yang mampu menerapkan prokes serta jumlah pengunjung salah satunya adalah Semarang Zoo yang menerapkan sistem buka tutup dengan jumlah pengunjung maksimal 75%.

Selain itu lokasi wisata lainnya seperti Lawang Sewu tercatat hanya mendapat kunjungan wisatawan sebanyak 50% dari kapasitas maksimal dengan penerapan prokes yang baik di momen Nataru 2022 ini. Pantai Marina Semarang bahkan hanya menerima kunjungan 25% dari kapasitas pengunjung dengan penerapan prokes di pintu masuknya.

[Baca Juga: Pemkot Semarang Bagikan Tabung Oksigen, Antisipasi Gelombang 3 COVID-19]

Pembatasan-pembatasan tersebut berdampak pada jumlah kasus COVID-19 pada momen Nataru 2022 tak melonjak seperti tahun sebelumnya. Dinas Kesehatan Kota Semarang bahkan hanya menemukan lima kasus COVID-19 yang terjadi di kota Semarang sepanjang momen Natal dan Tahun Baru 2022 ini. Yang menggembirakan, per tanggal 3 Januari 2022 angka kasus COVID-19 turun menjadi 3 pasien saja, 1 berasal dari Kota Semarang dan sisanya dari luar kota Semarang.

Cegah Kasus COVID-19 Baru, Tempat Wisata Semarang Batasi Pengunjung

Hendi memberikan apresiasinya kepada masyarakat Semarang yang telah mematuhi aturan selama momen Nataru 2022. Menurutnya rendahnya kasus COVID-19 membuktikan bahwa kesadaran masyarakat saat ini menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Pihaknya akan terus mempertahankan kondisi demikian melalui sosialisasi, edukasi, penerapan prokes serta vaksinasi kedepannya. “Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, karena sudah ikut membantu mencegah adanya lonjakan kasus Covid-19, khususnya saat Natal dan tahun baru kemarin,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.