Instruksi Pemkot Semarang Sambut Ramadhan, Aktivitas Tarawih Dibolehkan Tetapi Buka Bersama Jangan Dulu

Berita Kawasan

Pemkot Semarang: Tarawih Dibolehkan Tetapi Buka Bersama Jangan Dulu

Tahun ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah mengajak umat muslim melakukan tarawih di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Kami mengajak umat Islam di Jawa Tengah untuk kembali melaksanakan Salat Tarawih di Bulan Ramadan dan Salat Idul Fitri 1442 H di masjid- masjid dengan menerapkan protokol kesehatan secara penuh,” kata Ketua MUI Jawa Tengah KH Ahmad Darodji di Semarang berdasarkan keterangan tertulis yang diterima tim redaksi Pingpoint.co.id (4/4/2021).

Ahmad Darodji MUI Jateng

Lebih lanjut, ia meminta kepada umat Islam yang ada di Jawa Tengah untuk menjadikan Bulan Ramadhan sebagai momentum meningkatkan ketakwaan dan keikhlasan. Selain itu bulan ini hendaknya dijadikan sebagai ajang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak Salat Sunah, khusus berzikir, memperbanyak istighfar, dan tadarus Al Quran serta berdoa kepada Allah SWT. Dengan angka kasus COVID-19 di Jawa Tengah menunjukkan penurunan, ia pun meminta kepada umat Islam di Jawa Tengah untuk selalu bersyukur.

Menanggapi hal di atas, Pemerintah Kota Semarang menindaklanjuti dengan melakukan rapat koordinasi Forkopimda Kota Semarang dalam rangka menyambut Ramadhan 2021 di Balai Kota dengan membolehkan aktivitas tarawih di tempat ibadah seperti dilansir dari pemkotsemarang.go.id, Rabu (7/4/2021).

3 Inspirasi Bukber yang Lebih Seru dan Tidak Biasa

Walikota Semarang Hendrar Prihadi memaparkan tarawih saat ramadhan tetap bisa dijalankan di tempat ibadah seperti musala atau masjid dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Jumlah dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas tempat ibadah. Bahkan rencananya, Forkopimda Kota Semarang akan mengadakan tarawih keliling namun hanya tingkat Forkopimda saja. Sedangkan, tarling ke setiap kecamatan pada momen Ramadhan ini ditiadakan.

“Nanti ada tarling semisal di masjid balai kota, tempat Kodim, Polres, Kajari, dan sebagainya. Ditingkat kecamatan kami tiadakan,” sebut Hendi, sapaannya usai rapat koordinasi bersama Forkopimda Kota Semarang.

Dia menekankan, aktivitas ibadah selama Ramadan diperbolehkan. Sedangkan mengenai kegiatan yang biasanya dilakukan masyarakat saat Ramadan semisal sahur on the road atau buka bersama, kata dia, sebaiknya tidak usah dilakukan terlebih dahulu. Dia meminta kegiatan yang menimbulkan kerumunan atau membuat berkumpulnya massa untuk dihindari.

[Baca Juga: Bulan Ramadan Tahun Ini, Pemerintah Depok Izinkan Salat Tarawih Berjamaah]

“(Sahur on the road) tidak usah dulu. Kalau sifatnya berbagi kepada sesama tidak harus di jalan. Bisa langsung datang ke panti, tidak usah geruduk- geruduk. Buka bersama juga sementara tidak usah dulu,” terang Hendi lagi

Lebih lanjut, operasional rumah makan saat sahur dibolehkan hanya take away atau pesan bawa pulang. Hendi menjelaskan, Pemerintah Kota Semarang memberi kelonggaran bagi pelaku usaha rumah makan maksimal pukul 24.00. selebihnya, mereka boleh melayani take away.

[Baca Juga: Ramadan 2021, MUI Jateng Ajak Salat Tarawih Dengan Prokes]

“Jadi, kalau itu buka tapi tidak ada orang makan hanya melayani take away boleh saja. Kalau ada orang makan disitu lebih dari 24.00, teman- teman Satpol akan eksekusi penutupan,” jelas Hendi. Sementara operasional tempat hiburan saat ramadhan akan diatur lebih lanjut melalui surat instruksi khusus ramadhan. Menurut Hendi, surat tersebut saat ini masih dalam proses.

Sebagai penutup, kami terus menghimbau Pointers supaya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari- hari. Hal ini disebabkan kita telah memasuki era new normal yaitu adaptasi perubahan perilaku untuk tetap melakukan aktivitas normal dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.