Cegah Penyebaran COVID-19, Pedagang Pasar di Solo Diminta Pakai Masker

Berita Kawasan

Pemkot Solo Beri Sanksi Pedagang Tak Kenakan Masker

Sejak ditetapkannya status Kejadian Luar Biasa di Solo, terhitung jumlah pasien positif COVID-19 sudah mencapai 29 kasus , 167 kasus pasien dalam pengawasan (PDP) dan 560 kasus orang dalam pemantauan (ODP) (17/5/2020). Berbagai kebijakan pemerintah Kota Solo pun telah dibuat untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut, diantaranya yakni dengan mewajibkan pedagang untuk mengenakan masker.

Kendati telah dilakukan sosialisasi sebelumnya, masih saja ada pedagang yang tak mengenakan masker. Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi mengatakan ada 10 pedagang di Pasar Legi yang tidak mengenakanan masker saat berjualan pada hari Minggu (17/5/2020).

Cegah Penyebaran COVID-19, Pedagang Pasar di Solo Diminta Pakai Masker

Pihaknya pun memanggil para pedagang yang berjualan di zona oprokan (tanpa kios) ke kantor Dinas Perdagangan Kota Surakarta dengan barang bukti foto. Para pedagang tersebut diberi sanksi dilarang berjualan selama tiga hari. Heru berharap, sanksi tegas tersebut dapat memberi efek jera bagi para pedagang agar menerapkan protokol kesehatan. Dia mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait kebijakan tersebut.

Tak hanya itu, pada kegiatan sosialisasi sebelumnya Pemkot Surakarta membagikan sebanyak 44.000 masker gratis kepada para pedagang di pasar tradisional Solo. Bagi pedagang yang tidak mengenakan masker dengan benar atau tidak menggunakannya akan difoto petugas.

[Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, Pedagang Pasar di Solo Diminta Pakai Masker]

"Sanksi tidak boleh berjualan selama tiga hari ini bisa berlaku kelipatannya jika di lain hari ditemukan masih tidak menggunakan masker," katanya, dilansir dari antaranews.com (18/5/2020).

Heru mengatakan sanksi ini juga diberikan kepada para pedagang yang memiliki Surat Hak Penempatan (SHP). Bahkan, sanksi yang diberikan bisa berupa pencabutan izin penempatannya.

"Malah kalau maunya Pak Wali, untuk pedagang yang menempati kios los sanksi terberatnya dicabut izin penempatannya," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slots online aja. Bisa cari atau search di google QQHARIAN. Yang dimana menyediakan Berbagai Hadiah yg Wow guys. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHARIAN serta ambil bonusnya sekarang juga.