Pemkot Solo Fasilitasi Pengungsi Gempa Sulawesi Barat .jpg

Berita Kawasan

Pemkot Solo Fasilitasi Pengungsi Gempa Sulawesi Barat

Beberapa hari terakhir, Indonesia kembali dirudung duka akibat bencana gempa bumi dengan kekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang wilayah Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021. Di mana gempa ini menyebabkan setidaknya 91 orang korban jiwa dengan ribuan lainnya mengalami luka-luka. Bencana ini juga membuat setidaknya ada 9.910 warga yang mengungsi. Dalam usaha membantu warga yang mengungsi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pun turut merangkul puluhan pengungsi bencana gempa Sulawesi Barat tersebut untuk mengungsi sementara di Surakarta.

Para pengungsi yang tiba di Kota Solo pada 21 Januari 2021 ini merupakan bagian dari ratusan pengungsi yang diangkut TNI AU dalam misi kemanusiaan menggunakan pesawat Hercules A-1330. Mereka diterbangkan dari Makassar pada kamis pagi dan tiba beberapa jam kemudian di Bandara Adi Soemarmo Surakarta. Di antara para pengungsi tersebut ada yang diterbangkan kembalii ke wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di mana setidaknya ada 54 orang pengungsi yang memang memiliki identitas tanah kelahirannya di Solo Raya Jawa Tengah.

Pemkot Solo Fasilitasi Pengungsi Gempa Sulawesi Barat.jpg

Saat tiba di bandara, puluhan pengungsi gempa Sulawesi Barat itu pun langsung disambut Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. “Kami akan semaksimal mungkin memfasilitasi warga asal Sulbar itu. Kami hanya memfasilitasi, kareta tidak ada angkutan ke daerah asal. Mereka sekarang baru menjalani tes cepat antigen dan kemudian dimintai keterangan asalnya. Dari 54 orang asal Jateng itu terdiri dari dua orang dari Demak, dua orang Magelang, dan sisanya Soloraya,” jelas Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Harso Susilo, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (21/1/2021).

Pemkot Solo yang memfasilitasi puluhan pengungsi gempa Sulawesi Barat ini telah menyiapkan lokasi untuk mereka tinggal sementara. Di mana jika ditemukan pengungsi yang hasil tes antigennya positif maka akan akan langsung dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk menjalani isolasi COVID-19 selama 14 hari. Jika hasilnya negatif, maka akan langsung diantar ke lokasi pengungsian di Solo Techno Park.

[Baca Juga: Status Merapi Masih Siaga Meski Keluarkan 4 Kali Lava Pijar]

“Pemerintah Kota Surakarta ikut prihatin serta membantu meringankan beban dengan menyediakan tempat pengungsian di Solo Techno Park dengan memberikan fasilitas tempat tidur yang nyaman, fasilitas olahraga serta makanan yang bergizi tiga kali sehari,” ujar Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo, sebagaimana dikutip dari surakarta.go.id (21/1/2021).

Dari 54 pengungsi gempa Sulawesi Barat itu disebut terdiri dari 31 orang laki-laki dan 23 lainnya perempuan. Menurut Wali Kota Solo, mereka akan mengungsi di Solo Techno Park sambil menunggu proses perbaikan di wilayah gempa oleh pemerintah pusat.

Read More

Artikel Lainnya

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19t.jpg

Pendidikan

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19

01 March 2021, 19:25

UGM secara resmi melepaskan ribuan GeNose C19 ke distributor untuk mulai dijual ke berbagai layanan kesehatan, institusi pendidikan hingga perusahaan.

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

Kesehatan

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

01 March 2021, 18:15

Pendanaan vaksinasi mandiri dibebankan kepada perusahaan sehingga semua penerima vaksinasi tidak dipungut biaya. Program ini diharapkan mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas.

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

Kuliner

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

01 March 2021, 16:16

Saat memasuki warung sate legendaris ini, terdengar suara orang sedang menggebuk-gebuk sesuatu. Suara itu akan terdengar jelas saat Anda memasuki warung.

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

Kesehatan

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

01 March 2021, 15:17

Khusus untuk lansia kata Retno, masih diprioritaskan di ibu kota provinsi. Sementara, Kota Bogor belum mendapat alokasi vaksin.


Comments


Please Login to leave a comment.