Pemkot Surabaya Kembali Buka Layakan Rekaman e-KTP .jpg

Berita Kawasan

Pemkot Surabaya Kembali Buka Layakan Rekaman e-KTP

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Kota Surabaya sempat memicu banyak layanan untuk masyarakat terpaksa dihentikan sementara, termasuk perekaman baru untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun sempat melakukan evaluasi dan mempersiapkan standar protokol kesehatan untuk layanan ini. Hasil dari persiapan pun bisa dilihat di Mal Pelayanan Publik Siola pada 30 Juli 2020 yang sudah mulai kembali menerima layanan perekaman KTP elektronik.

Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya mengonfimasi dibukanya kembali layanan yang sempat dihentikan selama hampir empat bulan terakhir ini. Namun khusus cetak ulang e-KTP yang rusak, hilang, atau perubahan informasi di Kartu Keluarga sebenarnya masih diberlakukan karena bisa dilakukan secara online.

Pemkot Surabaya Kembali Buka Layakan Rekaman e-KTP.jpg

Menurut Kepala Disdukcapil Surabaya Agus Imam Sonhaji, penutupan ini tak terlepas dari proses perekaman KTP elektronik yang biasanya melibatkan tatap muka langsung antara warga dan petugas. Hal ini tentu saja berpotensi memicu penyebaran COVID-19. “Semenjak pertama kali pandemi itu, kita liburkan sementara. Karena memang prosesnya layanan ini seluruhnya harus ketemu. Karena dia harus merekamkan sidik jarinya, iris matanya, tanda tangan, dan mengambil fotonya,” jelas Agus, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (29/7/2020).

Namun berdasarkan pengamatan Disdukcapil Surabaya, banyak warga Kota Pahlawan yang mengalami kesulitan dalam pengurusan administrasi lainnya karena perekaman KTP elektronik tak bisa dilakukan sealam empat bula terakhir. Oleh karena itulah, menurut Agus, pihaknya melakukan riset dan percobaan dalam membuat proses perekaman e-KTP dapat berjalan aman di tengah pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Lurah Grogol Selatan Dinonaktifkan Akibat Penerbitan e-KTP, Kok Bisa?]

Setelah berhasil memformulasikan protokol kesehatan untuk layanan ini maka Disdukcapil Surabaya pun mulai mencoba menerapkannya di Mal Pelayanan Publik Siola pada hari ini. Proses perekaman ini dimulai dengan Anda mendaftarkan diri dulu secara online di laman https://ssw.surabaya.go.id/. Pada laman ini, Anda akan mendaftarkan nomor antrean serta urutan jam pelayanannya yang bertujuan untuk memastikan bahwa kuota pelayanan ini hanya untuk 50 orang saja setiap harinya.

Lalu ketika berada di lokasi, sebelum melakukan proses rekaman baru KTP elektronik Anda akan diminat untuk mencuci tangan dengan sabun di area depan dan dicek suhunyanya dengan thermo gun. Setelah masuk ke area perekaman, Anda akan kembali diminta membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Ketika sudah dipastikan bersih, pada proses perekaman iris mata, Anda akan menggunakan pelindung mata khusus sekali pakai yang disediakan di lokasi.

Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan.jpg

Berita Kawasan

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan

06 August 2020, 19:00

Pekan ini Damkar Depok mengerahkan anggotanya untuk menyisir area Kali Pesanggarahan demi memastikan tak ada buaya yang berkeliaran.

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris.jpg

Kuliner

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris

06 August 2020, 18:00

Jika berbicara mengenai menu sate populer di kawasan Jakarta Selatan, maka warung Sate H. Romli atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sate RSPP bisa dipastikan sebagai salah satunya.

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

Kesehatan

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

06 August 2020, 16:50

Penyandang diabetes akan lebih rentan mengalami perparahan bahkan menyebabkan kematian jika terinfeksi COVID-19.

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Bisnis

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020?

06 August 2020, 15:30

Sektor industri, penurunan kinerja ekspor impor, dan tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 6 days, 4 hours lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…

  • Anisa 6 days, 10 hours lalu
    anisa

    QQHarian Adalah Link QQ Slot Terbaru Online Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Di dukung berbagai PROVIDER TERNAMA DI DUNIA. Tersedia Berbagai Macam PROMO TERBESAR, Salah Satunya Promo BONUS KEKALAHAN DI GANTI 100% FULL ( Bonus Welcome Cashback 100% ) TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Info Lebih Lanjut bisa lsg Hub. CS kami dengan meng - <a href="https://qqharian.org/" title="Link QQ Slot Terbaru" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>

  • Rine 6 days, 11 hours lalu
    rine

    guys ada kabar baru nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke qqharian jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan.... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>

  • Emma 6 days, 16 hours lalu
    emma

    Hanya di qqharian website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!! Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo. Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, Di <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">QQHarian</a>