Pemkot Surabaya Mulai Hari Ini Kirim Tim Pengecekan Hewan Kurban.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Surabaya Mulai Hari Ini Kirim Tim Pengecekan Hewan Kurban

Dalam kondisi pandemi COVID-19 yang saat ini masih terus membayangi Indonesia memicu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengambil langkah untuk memastikan perayaan hari raya Idul Adha 1441 H berjalan lancar tanpa kekhawatiran infeksi penyakit yang dipicu virus Corona tersebut atau penyakit hewan lainnya. Langkah yang diambil adalah menerjunkan tim khusus yang disebar ke lokasi penjualan hewan kurban sekaligus lokasi penyembelihannya untuk melakukan pengecekan.

Tim pemeriksa kesehatan hewan kurban ini mulai dikerahkan Pemkot Surabaya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya paa hari ini. Menurut Kepala DKPP Surabaya Yuniarto Herlambang, pihaknya tak hanya mengecek kesehatan hewan kurban semata. Karena para pedagang serta dari mana hewan itu juga akan dilakukan penelusuran. Bahkan nanti usai proses penyembelian pada Idul Adha 1441 H, tim DKPP masih akan melakukan pengecekan.

“Jadi kita ada tim pemeriksaan hewan ternak sebelum disembelih maupun sesudah disembelih, tim ini yang akan menyebar memeriksa hewan-hewan ke seluruh Surabaya,” sebut Yuniarto, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.d (12/7/2020). Tim pemeriksaan dari DKPP Surabaya ini sudah mulai diterjunkan mulai hari ini ke lapak-lapak yang menjajakan hewan kurban sampai 30 Juli 2020.

Pemkot Surabaya Mulai Hari Ini Kirim Tim Pengecekan Hewan Kurban .jpg

Dengan mementingkan unsur protokol kesehatan demi mencegah COVID-19, tim yang berjumlah 60 orang itu akan disebar ke Surabaya Barat, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Surabaya Timur, dan Surabaya Pusat. Sesudah mereka melakukan pengcekan secara menyeluruh ke berbagai lokasi penjualan hewan kurban pada hari H Idul Adha 1441 H, tim DKPP Kota Surabaya ini juga akan mendatangi rumah ibadah yang menjadi lokasi penyembelihan hewan.

Kegiatan di lokasi penyembelihan akan digelar dari 31 Juli sampai 2 Agustus 2020 demi memperhatikan daging-daging hewan yang nantinya akan dibagi ke warga dalam keadaan aman untuk dikonsumsi. “Kita ingin masyarakat mau membeli hewan itu tahu bahwa hewan ini sehat maupun tidak sehat. Nah, yang sehat-sehat itu nanti yang akan kita beri tanda stiker-stiker,” ujar Yuniarto.

[Baca Juga: Layanan Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Dalam Berkurban]

Pihak DKPP Surabaya menambahkan, penilaian terhadap hewan kurban akan dilakukan terhadap fisik dan organnya. Untuk fisik, hal yang diperiksa adalah dipastikan hewan kurban tersebut tidak cacat atau luka serta sakit dengan kondisi cuping hidung yang lembab. Lalu pada saat pemotongan daging hewan kurban pada Idul Adha 1441 H, mereka akan mengecek organ dalam, contihnya hati dan paru-paru, sebelum daging-daging itu dibungkus dan dibagikan ke masyarakat Kota Pahlawan.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game qqharian guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian ajaaa bukan yang lain..