Pemkot Tangerang Berikan Bantuan Benih Sayuran

Berita Kawasan

Pemkot Tangerang Berikan Bantuan Benih Sayuran

Konsep pertanian perkotaan atau yang disebut dengan urban farming melibatkan masyarakat urban untuk membudidayakan tanaman. Salah satu kegiatan warga RW 02, Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang memilih menggunakan media tanam modern yaitu hidroponik dari pada media tanam konvensional.

Pemkot Tangerang Berikan Bantuan Benih Sayuran

Hidropronik merupakan cara budidaya tanaman dengan memanfaatkan medium lain selain tanah. Terutama menggunakan air sebagai bidang tanam dan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Dalam meningkatkan semangat warga Kota Tangerang untuk bercocok tanam, pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) sedang gencar menyebar bantuan benih sayuran kepada kader Kelompok Wanita Tani (KWT), Kader Pangan hingga kelompok P2WKSS.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Tingkatkan Ekonomi Warga]

Melansir laman tangerangkota.go.id (22/11/2019). Baru-baru ini, DKP mengunjungi RW 02, Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang pada 20 November 2019 dengan melakukan pertemuan bersama 15 kader KWT dan 15 Kader Pangan. Pertemuan tersebut digelar dengan mengajaknya berdiskusi dan pembinaan terkait budidaya sayuran hidroponik serta memberikan bantuan benih sayuran yang dapat ditanam di rumah-rumah warga.

Pemkot Tangerang Berikan Bantuan Benih Sayuran

Selain itu, DKP memberikan pelatihan membuat kroket sukun dan bola ubi ungu kepada warga dari RW 02 Kelurahan Cikokol. Kabid Keanekaragaman Pangan dan Keamanan Pangan, DKP Eny Nuraini mengatakan, pihaknya juga melakukan pelatihan pengelolaan berbasis pangan lokal nonberas dan trig. Dan berlatih membuat kroket sukun dan bola ubi ungu kepada 15 warga.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Canangkan Walkot Farm Sebagai Urban Farming]

Ia menuturkan, bimbingan teknis budidaya sayuran dan pengolahan berbasis pangan lokal ini bertujuan meningkatkan kemandirian dan perekonomian warga. Ke depannya, diharapkan warga dapat berbudidaya secara mandiri, hasil panen dapat dikelola menjadi sebuah produk dengan nilai jual. “Target kami, jangka panjang setiap wilayah punya workshop yang bisa membantu pengembangan produk atau hasil panen seluruh warga. Sehingga, setiap wilayah mampu mandiri dengan potensi olahan dan budidayanya masing-masing,” harapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.