Pemkot Tangerang Ciptakan Pasar Berstandar SNI

Berita Kawasan

Pemkot Tangerang Ciptakan Pasar Berstandar SNI

Dalam memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang mengumpulkan orang sebanyak 100 pedagang dan pengelola pasar tradisional se-Kota Tangerang. Mereka dikumpulkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang untuk mendukung program Pemkot Tangerang dalam menciptakan pasar berstandar nasional yang berdaya saing terhadap pasar modern.

Pemkot Tangerang Ciptakan Pasar Berstandar SNI

Melansir laman tangerangkota.go.id (12/07/2019). Kepala Bidang Perdagangan Endang Purwaningsih menjelaskan, tujuan pertemuan tersebut adalah untuk meningkatkan komitmen para pedagang dan pengelola pasar akan pentingnya kebersihan, keindahan, kenyamanan serta keamanan lingkungan pasar tradisional. Maka dari itu diperlukan fasilitas lengkap untuk meningkatkan perlindungan kepada konsumen, seperti klinik kesehatan, ruang laktasi, penataan barang dagangan dan lainnya.

[Baca Juga: Berburu Kuliner Daging Kambing dekat Pasar Tanah Abang]

Terlebih pasar berstandar SNI sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan dalam pengelolaan pasar rakyat. “Beberapa daerah sudah mulai menerapkan pasar rakyat yang berstandar SNI melalui sertifikasi pasar rakyatnya,” ujarnya ketika ditemui di Gedung Cisadane, pada 11 Juli 2019.

Endang menjelaskan, saat ini sudah terdapat 38 pasar rakyat yang dikelola Pemkot akan menuju SNI. Adapun kriteria infrastruktur yang wajib, ada salah satunya adalah adanya toilet yang berjumlah minimal empat buah dengan keadaan bersih, tempat sampah hingga tempat penitipan anak. “Pasar bersertifikat sudah menjadi kebutuhan pasar rakyat. Beberapa pasar akan menyusul, sehingga akan memiliki daya saing dan menjadi pusat rekreasi,” tambahnya.

[Baca Juga: Bioskop Rakyat di Pasar Jaya Teluk Gong Akan Segera Diresmikan]

 Kepala Pasar Anyar Kota Tangerang, Ajun menjelaskan, untuk menciptakan pasar berstandar SNI Pemkot diminta fokus menangani masalah drainase yang berada di lingkungan pasar tradisional. “Drainasenya harus sesuai dengan luas pasar, sehingga tidak ada lagi genangan di pasar yang membuat kesan pasar menjadi kumuh dan jorok,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.