Pemkot Tangerang Ciptakan Pasar Berstandar SNI

Berita Kawasan

Pemkot Tangerang Ciptakan Pasar Berstandar SNI

Dalam memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang mengumpulkan orang sebanyak 100 pedagang dan pengelola pasar tradisional se-Kota Tangerang. Mereka dikumpulkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang untuk mendukung program Pemkot Tangerang dalam menciptakan pasar berstandar nasional yang berdaya saing terhadap pasar modern.

Pemkot Tangerang Ciptakan Pasar Berstandar SNI

Melansir laman tangerangkota.go.id (12/07/2019). Kepala Bidang Perdagangan Endang Purwaningsih menjelaskan, tujuan pertemuan tersebut adalah untuk meningkatkan komitmen para pedagang dan pengelola pasar akan pentingnya kebersihan, keindahan, kenyamanan serta keamanan lingkungan pasar tradisional. Maka dari itu diperlukan fasilitas lengkap untuk meningkatkan perlindungan kepada konsumen, seperti klinik kesehatan, ruang laktasi, penataan barang dagangan dan lainnya.

[Baca Juga: Berburu Kuliner Daging Kambing dekat Pasar Tanah Abang]

Terlebih pasar berstandar SNI sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan dalam pengelolaan pasar rakyat. “Beberapa daerah sudah mulai menerapkan pasar rakyat yang berstandar SNI melalui sertifikasi pasar rakyatnya,” ujarnya ketika ditemui di Gedung Cisadane, pada 11 Juli 2019.

Endang menjelaskan, saat ini sudah terdapat 38 pasar rakyat yang dikelola Pemkot akan menuju SNI. Adapun kriteria infrastruktur yang wajib, ada salah satunya adalah adanya toilet yang berjumlah minimal empat buah dengan keadaan bersih, tempat sampah hingga tempat penitipan anak. “Pasar bersertifikat sudah menjadi kebutuhan pasar rakyat. Beberapa pasar akan menyusul, sehingga akan memiliki daya saing dan menjadi pusat rekreasi,” tambahnya.

[Baca Juga: Bioskop Rakyat di Pasar Jaya Teluk Gong Akan Segera Diresmikan]

 Kepala Pasar Anyar Kota Tangerang, Ajun menjelaskan, untuk menciptakan pasar berstandar SNI Pemkot diminta fokus menangani masalah drainase yang berada di lingkungan pasar tradisional. “Drainasenya harus sesuai dengan luas pasar, sehingga tidak ada lagi genangan di pasar yang membuat kesan pasar menjadi kumuh dan jorok,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.