Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS.jpg

Kesehatan

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS

Pada 1 Desember 2020 berbagai negara menggelar peringatan Hari AIDS sedunia yang ditujukan untuk menguatkan kesadaran mengenai penyakit tersebut. Di tingkat pemerintah daerah Tanah Air ternyata juga ikut memperingati kegiatan ini seperti yang terlihat di Kota Tangerang. Di mana Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar Pendeteksian Dini Penyakit HIV yang diadakan di puluhan puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan wilayah ini.

Kegiatan pada Selasa kemarin ini digelar Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang secara serentak di 73 puskesmas. Salah satu lokasi yang turut mengadakan Pendeteksian Dini Penyakit HIV ini adalah di Puskesmas Karawaci Baru yang turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi. Dinas Kesehatan Kota Tangerang tidak sendiri dalam mengadakan kegiatan ini, karena komunitas Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) di Kota Seribu Industri juga turut dilibatkan. Dengan salah satu target peserta yang dideteksi adalah para ibu hamil.

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AID S.jpg

“Kegiatan ini dilakukan untuk mendeteksi sedini mungkin pengidap ODHA agar selanjutnya bisa langsung diobati dan angka kematiannya menurun,” jelas Liza Puspadewi, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (1/12/2020).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang itu, ada alasan mengapa kegiatan Pendeteksian Dini Penyakit HIV dipilih dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia. Pasalnya, pihaknya disebut tak ingin peringatan ini hanya diperingati secara simbolik atau untuk meningkatkan kesadaran mengenai penyakit itu semata. Karena Pemkot Tangerang ingin sedini mungkin menemukan kasus HIV AIDS agar bisa segera diberikan obat antiretroviral atau ART yang bekerja untuk melambatkan pertumbuhan virusnya.

[Baca Juga: Tekan Angka ODHA, Pemerintah Gelar Penyuluhan AIDS]

Liza melanjutkan, pendeteksian dini dan konsumsi obat ART ini sangatlah penting bagi ODHA di Kota Tangerang. “Dengan harapan maka angka kematiannya (penderita HIV AIDS) menurun sehingga teman-teman ODHA dapat melaksanakan kegiatan kesehariannya seperti layaknya teman-teman yang ada di sini,” sambung Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang tersebut.

Dari sisi komunitas ODHA yang ikut terlibat dalam kegiatan Pendeteksian Dini Penyakit HIV di Kota Tangerang dalam momen Hari AIDS Sedunia mereka menaruh harapan terkait pandangan publik terhadap penderita HIV AIDS di Indonesia. “Kami sangat sedih dan drop sekali jika masih ada masyarakat yang mengucilkan kami. Kami hanya butuh support untuk dapat terus bekerja dan berkarya,” tambah salah seorang ODHA bernama Bejo yang ikut dalam kegiatan di Puskesmas Karawaci Baru itu.

Read More

Artikel Lainnya

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

Pendidikan

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

18 January 2021, 16:17

Kanal yang diberi nama Belajar Bersama Disdik Kota Depok ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) atau pembelajaran daring siswa.

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

Kesehatan

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

18 January 2021, 15:28

Proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan SMS yang sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

18 January 2021, 14:23

Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay.


Comments


Please Login to leave a comment.