Protokol Kesehatan -- tempo, fix.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Tangerang Izinkan Salat Tarawih dengan Protokol Kesehatan Ketat

Bulan suci Ramadan 1442 H akan tiba sepekan lagi. Gegap gempita yang ada di masyarakat sudah mulai terlihat, meski keadaan pandemi COVID-19 yang masih saja mengintai. Ramadan tahun ini merupakan tahun kedua masyarakat menjalankan ibadah puasa di tengah krisis keadaan pandemi. Harapan akan tindakan yang lebih baik oleh Pemerintah Daerah sebagai evaluasi tahun kemarin menjadi keinginan masyarakat bersama.

Tak terkecuali di Kota Tangerang, masyarakat luas Kota Tangerang berharap bisa menjalankan ibadah di bulan suci dengan khidmat dan aman. Salah satu ritual peribadatan di bulan Ramadan yang menjadi keinginan masyarakat luas untuk bisa diselenggarakan adalah salat tarawih.

Tarawih -- kompas, fix.jpg

Di bulan suci tahun lalu, salat tarawih di Kota Tangerang dilarang untuk digelar. Berbeda dengan tahun ini, kabar baik yang disampaikan Pemkot Tangerang lewat Wali Kota Arief R. Wirmansyah secara langsung, bahwa izin pelaksana salat tarawih akan dikeluarkan dengan beberapa syarat yang telah didiskusikan.

"Kita harus mempersiapkan dengan matang terkait pelaksanaan ibadah di Bulan Suci Ramadan mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19”, keterangan Wali Kota Arief R. Wirmansyah dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (5/4/2021).

[Baca Juga: Ramadan 2021, MUI Jateng Ajak Salat Tarawih Dengan Prokes]

Harapan masyarakat dapat melaksanakan peribadatan salat tarawih dengan aman, serta kekondusifan keadaan menjadi prioritas Pemkot Tangerang saat ini. Izin pelaksaan salat tarawih akan dikeluarkan dengan syarat diberlakukannya protokol kesehatan ketat yang harus dipenuhi masyarakat dan diselengarakan secara kolektif.

Seperti pada umumnya, penggunaan masker dan jaga jarak harus tetap diperhatikan jamaah salat tarawih. Penyediaan disenfektan, dan strategi khusus seperti mempercepat proses salat tarawih juga sangat dianjurkan dalam pelaksanaan di bulan suci yang akan datang pekan depan ini.

"DKM masjid dan musala harus mempunyai satgas COVID-19 yang mengatur proses seperti jaga jarak, menggunakan masker dan diharapkan untuk membaca ayat - ayat yang pendek”, penjelasan yang ditambahkan Arief.

psbb, tangerang, fix.jpg

Selain itu, kerja kolektif berupa koordinasi dan saling kontrol antar elemen di tingkat akar rumput masyarakat menjadi garda terdepan dalam keamanan dan kekondusifan peribadatan salat tarawih. Pemkot Tangerang juga mengintruksikan kepada seluruh camat dan lurah untuk berkoordinasi dengan RW, RT, dan DKM di lingkungan masing-masing untuk mengaktulisasi izin ini dengan sebaik-baiknya.

Serta dalam waktu dekat ini, simulasi pelaksanaan protokol kesehatan ketat juga dianjurkan untuk diterapkan dalam peribadatan keseharian di setiap lingkungan demi tercapainya harapan bersama dan kelancaran melaksanakan ibadah di bulan suci dengan khidmat dan aman.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.