Pemkot Tangerang Luncurkan Aplikasi SiWarga di HUT Kota Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Luncurkan Aplikasi SiWarga di HUT Ke-26 Kota Tangerang

Perkembangan teknologi digital turut mempermudah berbagai sektor, termasuk sektor pelayanan publik. Hal itu seperti yang dirasakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan meluncurkan aplikasi SiWarga.

Melalui peluncuran aplikasi SiWarga, Pemerintah Kota Tangerang menginginkan pelayanan publik yang prima sekaligus menjadi fokus pembangunan untuk lima tahun mendatang.

Aplikasi SiWarga dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan adminitrasi kepada masyarakat dengan cara mengisi data secara mandiri, yang kemudian digunakan untuk mengurus persyaratan kependudukan.

[Baca Juga: Diskominfo Mudahkan Pelayanan dengan Aplikasi Depok Single Window]

Hal tersebut seperti disampaikan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah yang didampingi Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat menghadiri acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tengerang dalam rangka HUT ke-26 Kota Tangerang.

“Masyarakat bisa menggunakan aplikasi SiWarga sebagai pilihan. Untuk proses yang manual tetap dilayani tapi secara online jauh lebih mudah, cepat, dan transparan,” ujar Arief seperti dikutip tangerangkota.co.id (28/2/2019).

Aplikasi SiWarga, lanjut Arief, mendorong masyarakat untuk memenfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah berkembang. Dengan begitu, warga dapat memantau langsung seperti saat membuat surat pengantar atau surat keterangan lainnya.

“Warga bisa memantau langsung. Sudah sampai mana prosesnya dan kapan selesainya ada notifikasinya. Jadi, tidak usah menenteng-nenteng berkas,” kata Arief.

Peluncuran Aplikasi SiWarga oleh Pemkot Tangerang

Nantinya, dalam peluncuran aplikasi SiWarga akan ada sosialisasi kepada 13 kecamatan yang tersebar di Kota Tangerang. Aplikasi SiWarga akan diluncurkan dalam versi beta dan akan diuji coab selama enam bulan untuk dapat dilakukan evaluasi dan ditingkatkan kualitas.

Nantinya juga, ntuk memeriksa keabsahan surat yang telah dikaluarkan surat yang teah dikeluarkan oleh Lurah atau Camat, aplikasi ini dilengkapi dengan QR Code. Hanya cukup di scan QR Code-nya nanti akan keluar ditailnya.

Selain pelayanan publik, fasilitas perkotaan seperti Gelanggang Olahraga (GOR) juga akan dibangun, tidak hanya ada dipusat kota tapi juga disetiap wilayah.

[Baca Juga: Buku Digital Kemendikbud untuk Gerakan Literasi Nasional]

“Dengan begitu, tidak hanya ada GOR Dimyati, tapi juga ada di wilayah timur, barat, selatan, dan utara. Disusul dengan event-event yang digelar di sarana dan prasarana itu, jadi terdistribusi dan dipergunakan dengan sebaik mungkin,” terang Arief.

Adapun total aplikasi yang dimiliki Pemerintah Kota Tangerang saat ini adalah sebanyak 174 aplikasi dengan rincian 111 aplikasi layanan publik dan 63 aplikasi manajemen pemerintah. Seluruh aplikasi yang sudah dibuat, telah terintegrasi dalam satu basis data yang berada di Tangerang LIVE Room.

Read More

Artikel Lainnya

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

Kecantikan dan Fashion

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

15 September 2019, 19:00  |  15 Views

Sekarang ini, kecantikan bukan hanya sebagai kebutuhan tambahan saja, tetapi menjadi sebuah keharusan yang dirawat secara rutin. Salah satunya adalah suntik kromosom.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

15 September 2019, 18:00  |  12 Views

Pelaksanaan workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia bertujuan untuk mencari solusi adanya pencemaran udara di kota-kota besar di Asia termasuk Jakarta.

Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

Kesehatan

Tulang Belakang Anda Suka Sakit? Perhatikan Tips Ini!

15 September 2019, 17:00  |  21 Views

Terlalu lama duduk saat di kantor atau dalam perjalanan panjang dapat menyebabkan sakit tulang punggung belakang.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Properti dan Solusi

Pilihan Tanaman untuk Pekarangan Rumah Minimalis

15 September 2019, 16:00  |  23 Views

Mendesain dan menata taman pada rumah minimalis tergolong tidak sulit, cukup berikan perhatian pada beberapa hal dan jangan lupa dirawat secara teratur.


Comments


Please Login to leave a comment.