Pemkot Tangerang Luncurkan Aplikasi SiWarga di HUT Kota Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Luncurkan Aplikasi SiWarga di HUT Ke-26 Kota Tangerang

Perkembangan teknologi digital turut mempermudah berbagai sektor, termasuk sektor pelayanan publik. Hal itu seperti yang dirasakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan meluncurkan aplikasi SiWarga.

Melalui peluncuran aplikasi SiWarga, Pemerintah Kota Tangerang menginginkan pelayanan publik yang prima sekaligus menjadi fokus pembangunan untuk lima tahun mendatang.

Aplikasi SiWarga dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan adminitrasi kepada masyarakat dengan cara mengisi data secara mandiri, yang kemudian digunakan untuk mengurus persyaratan kependudukan.

[Baca Juga: Diskominfo Mudahkan Pelayanan dengan Aplikasi Depok Single Window]

Hal tersebut seperti disampaikan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah yang didampingi Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat menghadiri acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tengerang dalam rangka HUT ke-26 Kota Tangerang.

“Masyarakat bisa menggunakan aplikasi SiWarga sebagai pilihan. Untuk proses yang manual tetap dilayani tapi secara online jauh lebih mudah, cepat, dan transparan,” ujar Arief seperti dikutip tangerangkota.co.id (28/2/2019).

Aplikasi SiWarga, lanjut Arief, mendorong masyarakat untuk memenfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah berkembang. Dengan begitu, warga dapat memantau langsung seperti saat membuat surat pengantar atau surat keterangan lainnya.

“Warga bisa memantau langsung. Sudah sampai mana prosesnya dan kapan selesainya ada notifikasinya. Jadi, tidak usah menenteng-nenteng berkas,” kata Arief.

Peluncuran Aplikasi SiWarga oleh Pemkot Tangerang

Nantinya, dalam peluncuran aplikasi SiWarga akan ada sosialisasi kepada 13 kecamatan yang tersebar di Kota Tangerang. Aplikasi SiWarga akan diluncurkan dalam versi beta dan akan diuji coab selama enam bulan untuk dapat dilakukan evaluasi dan ditingkatkan kualitas.

Nantinya juga, ntuk memeriksa keabsahan surat yang telah dikaluarkan surat yang teah dikeluarkan oleh Lurah atau Camat, aplikasi ini dilengkapi dengan QR Code. Hanya cukup di scan QR Code-nya nanti akan keluar ditailnya.

Selain pelayanan publik, fasilitas perkotaan seperti Gelanggang Olahraga (GOR) juga akan dibangun, tidak hanya ada dipusat kota tapi juga disetiap wilayah.

[Baca Juga: Buku Digital Kemendikbud untuk Gerakan Literasi Nasional]

“Dengan begitu, tidak hanya ada GOR Dimyati, tapi juga ada di wilayah timur, barat, selatan, dan utara. Disusul dengan event-event yang digelar di sarana dan prasarana itu, jadi terdistribusi dan dipergunakan dengan sebaik mungkin,” terang Arief.

Adapun total aplikasi yang dimiliki Pemerintah Kota Tangerang saat ini adalah sebanyak 174 aplikasi dengan rincian 111 aplikasi layanan publik dan 63 aplikasi manajemen pemerintah. Seluruh aplikasi yang sudah dibuat, telah terintegrasi dalam satu basis data yang berada di Tangerang LIVE Room.


Read More

Artikel Lainnya

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya

20210417_123323.jpg

Berita Kawasan

Pantauan Harga Kebutuhan Pangan di Pasar Tangerang selama Ramadan

20 April 2021, 12:09

Setiap Bulan harga jual di pasar mengalami kenaikan. Seperti saat ini, di Bulan Ramadan harga pasar pun kerap mengalami kenaikan. Kenaikan harga cukup membuat beberapa pedagang mengalami keluhan.


Comments


Please Login to leave a comment.