Pemkot Tangerang Luncurkan Program KUBE Disabilitas

Bisnis

Pemkot Tangerang Luncurkan Program KUBE Disabilitas

Semenjak tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar program Kelompok Usaha Bersama atau KUBE demi mengentaskan kemiskinan yang ada di kota tersebut. Menariknya, program ini juga menyasar para penyandang disabilitas. Kube disabilitas disebut diluncurkan demi membuat kelompok difabel memiliki kesempatan yang serupa dalam bidang wirausaha dengan masyarakat lainnya di Kota Tangerang.

Dinsos Kota Tangerang menyatakan, program KUBE ditujukan memberikan pengetahuan serta keterampilan tambahan untuk bekerja sekaligus memberikan pemasukan untuk keluarga secara mandiri. Untuk warga Kota Tangerang yang ikut dalam program wirausaha ini, mereka juga akan diberikan bantuan bahan baku serta peralatan yang dapat digunakan demi membantu pengembangan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Pemkot Tangerang Luncurkan Program KUBE Disabilitas

Sekadar informasi, UEP merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan dalam lingkup rumah tangga hingga kelompok usaha, seperti koperasi dan kelompok tani. UEP digelar guna meningkatkan pemasukan, menambah lapangan kerja, serta membantu ketahanan masyarakat yang berdasarkan sumber daya setempat.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Untuk program KUBE disabilitas, Dinsos Kota Tangerang masih baru menjajaki tahap awal. Di mana target realisasi program ini masih terbatas untuk para difabel dari Kecamatan Tangerang dan Pinang. Dinsos memandang program ini dilakukan guna mendorong semangat penyandang disabilitas untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Di Kecamatan Tangerang program KUBE sudah berjalan. Sekitar lima anak disabilitas pun sudah aktif mengembangkan KUBE pada budidaya ikan lele. Sedangkan di Pinang masih tahap pembangunan kolam dan lahan bisnis penjulanan karya kreatif anak disabilitas,” jelas Pelaksana Dinsons Kota Tangerang Arief Rahman, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (10/7/2019).

[Baca Juga: Ciptakan Lingkungan Inklusif di Masjid Bagi Teman Disabilitas]

Selain memfasilitsasi untuk budidaya ikan lele, peserta KUBE disabilitas juga akan mendapatkan pelatihan tanaman hidroponik yang hasilnya kelak dapat mereka pasarkan. “Tak sekadar pelatihan, Dinsos juga berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan untuk teknis pemasarannya. Jadi bukan hanya budidaya, para disabilitas juga bisa sambil belajar proses pemasarannya,” ucap Arief. Jika di dua wilayah tersebut program ini berjalan lancar, maka Kecamatan Tangerang dan Pinang akan menjadi percontohan untuk wilayah lainnya di Kota Tangerang dalam program KUBE disabilitas.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.