Pemkot Tangerang Luncurkan Program KUBE Disabilitas

Bisnis

Pemkot Tangerang Luncurkan Program KUBE Disabilitas

Semenjak tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar program Kelompok Usaha Bersama atau KUBE demi mengentaskan kemiskinan yang ada di kota tersebut. Menariknya, program ini juga menyasar para penyandang disabilitas. Kube disabilitas disebut diluncurkan demi membuat kelompok difabel memiliki kesempatan yang serupa dalam bidang wirausaha dengan masyarakat lainnya di Kota Tangerang.

Dinsos Kota Tangerang menyatakan, program KUBE ditujukan memberikan pengetahuan serta keterampilan tambahan untuk bekerja sekaligus memberikan pemasukan untuk keluarga secara mandiri. Untuk warga Kota Tangerang yang ikut dalam program wirausaha ini, mereka juga akan diberikan bantuan bahan baku serta peralatan yang dapat digunakan demi membantu pengembangan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Pemkot Tangerang Luncurkan Program KUBE Disabilitas

Sekadar informasi, UEP merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan dalam lingkup rumah tangga hingga kelompok usaha, seperti koperasi dan kelompok tani. UEP digelar guna meningkatkan pemasukan, menambah lapangan kerja, serta membantu ketahanan masyarakat yang berdasarkan sumber daya setempat.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Untuk program KUBE disabilitas, Dinsos Kota Tangerang masih baru menjajaki tahap awal. Di mana target realisasi program ini masih terbatas untuk para difabel dari Kecamatan Tangerang dan Pinang. Dinsos memandang program ini dilakukan guna mendorong semangat penyandang disabilitas untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Di Kecamatan Tangerang program KUBE sudah berjalan. Sekitar lima anak disabilitas pun sudah aktif mengembangkan KUBE pada budidaya ikan lele. Sedangkan di Pinang masih tahap pembangunan kolam dan lahan bisnis penjulanan karya kreatif anak disabilitas,” jelas Pelaksana Dinsons Kota Tangerang Arief Rahman, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (10/7/2019).

[Baca Juga: Ciptakan Lingkungan Inklusif di Masjid Bagi Teman Disabilitas]

Selain memfasilitsasi untuk budidaya ikan lele, peserta KUBE disabilitas juga akan mendapatkan pelatihan tanaman hidroponik yang hasilnya kelak dapat mereka pasarkan. “Tak sekadar pelatihan, Dinsos juga berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan untuk teknis pemasarannya. Jadi bukan hanya budidaya, para disabilitas juga bisa sambil belajar proses pemasarannya,” ucap Arief. Jika di dua wilayah tersebut program ini berjalan lancar, maka Kecamatan Tangerang dan Pinang akan menjadi percontohan untuk wilayah lainnya di Kota Tangerang dalam program KUBE disabilitas.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

Pendidikan

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

24 January 2021, 19:04

Pernahkah Anda merasa tidak lancar berbahasa Inggris meskipun sudah belajar bertahun-tahun? Lalu bagiamana, sih, supaya fasih?

Krim Mata Terbaik Menurut Dermatolog

Kecantikan dan Fashion

Pilihan Krim Mata Terbaik Menurut Dermatolog

24 January 2021, 15:07

Cek apakah krim mata yang Anda pakai mengandung bahan-bahan yang direkomendasikan dermatolog berikut. Jika iya, krim itu mampu meminimalkan garis halus dan kerutan.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengah Pandemi

Berita Kawasan

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengah Pandemi

24 January 2021, 10:08

Saat masuk, warga akan langsung disambut deretan kursi yang telah diatur secara berjarak saat pembagian angpau di kelenteng Tay Kak Sie.

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

Kesehatan

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

23 January 2021, 20:08

Penemuan yang dipublikasikan di Nature ini, memberikan bukti terkuat bahwa sistem kekebalan tubuh dapat "mengingat" virus dan secara luar biasa terus meningkatkan kualitas antibodi.


Comments


Please Login to leave a comment.