Pemkot Tangerang Pastikan Industri di Wilayahnya Patuhi PSBB

Bisnis

Pemkot Tangerang Pastikan Industri di Wilayahnya Patuhi PSBB

Sebagai kawasan yang memiliki sebutan “Kota Seribu Industri”, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Kota Tangerang tentu saja memiliki efek terhadap perindustrian di sini. Di mana ribuan pabrik di Kota Tangerang harus mematuhi sepenuhnya penerapan PSBB jika memang masih ingin beroperasi. Bahkan demi memastikan kebijakan ini memang diterapkan sepenuhnya, baru-baru Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke banyak perusahaan industri di kota ini.

Sidak yang digelar beberapa waktu lalu oleh Pemkot Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) tersebut bukanlah kali pertama mereka melakukannya. Apalagi sejak diterapkannya PSBB tahap pertama, Disnaker rutin menggelar sidak untuk memastikan pabrik-pabrik yang masih terus beroperasi di Kota Tangerang memang mematuhi kebijakan untuk menekan penyebaran COVID-19 tersebut.

Pemkot Tangerang Pastikan Industri di Wilayahnya Patuhi PSBB

Setidaknya dari sekitar 3.000 perusahaan industri yang terus beroperasi di Kota Tangerang, sudah ada lebih dari 200 yang telah dikunjungi Disnaker untuk memastikan penerapan protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan PSBB memang dijalankan. “Sampai saat ini, kami sudah monitoring 251 industri dan sebagian besar kepatuhan terhadap protokol kesehatan sudah diterapkan dengan baik,” jelas Sekretaris Disnaker Kota Tangerang Sri Suprapti, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (5/5/2020).

Hal tersebut disampaikan Sri ketika ia bersama timnya mengadakan sidak ke PT. Tuntex Garmet yang berada di Kelurahan Bugel. Di sana dirinya melihat bagaimana pengaturan jam kerja para pegawainya dan apakah metode physical distancing juga dijalankan dengan baik. Selain itu, Disnaker Kota Tangerang juga mengawasi mengenai kebiasaan pengecekan suhu para pegawainya serta pola cuci tangan di sana.

[Baca Juga: Soal Aksi May Day di Tengah Pandemi, Suara Buruh Terbagi]

Berdasarkan sidak di PT.Tuntex, Disnaker Kota Tangerang merasa puas dan memandang kebijakan PSBB dijalankan dengan baik di sini dan memandang semua pelaku industri di wilayah ini dapat mencontoh hal tersebut. “Kami harap, sektor-sektor industri dapat menerapkannya, seperti yang telah diterapkan di sini. Sehingga upaya kita untuk sama-sama memutus rantai penyebaran COVID-19 dapat berjalan optimal,” imbuh Sri.

Sidak yang rutin digelar Disnaker ini sebenarnya mengacu terhadap Peraturan Wali Kota (Perwal) Tangerang Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan PSBB. Tertuang dalam Perwal itu bahwa sektor industri merupakan sektor yang masih boleh beroperasi selama diterapkannya PSBB Tangerang. Namun terdapat syarat utama, yakni pabrik-pabrik yang beroperasi tersebut harus memastikan bahwa menerapkan protokol kesehatan demi antisipasi infeksi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 5 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys......