Kurban 2.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Tangerang Resmi Tiadakan Perayaan Iduladha 1442 H

Memasuki masa-masa menjelang datangnya perayaan momen hari besar Islam, Hari Raya Iduladha 1442 H, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang resmi mengeluarkan keputusan berupa Surat Edaran. Bernomor 451/2449-Kesra/2021, Surat Edaran (SE) tersebut mengatur Peniadaan Sementara Perayaan Momen Iduladha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M.

Peniadaan perayaan momen Iduladha tersebut diberlakukan mengingat keadaan aktivitas masyarakat Kota Tangerang yang masih berjalan di tengah keterbatasan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang masih terus berjalan sampai akhir bulan Juli ini.

Pembelakuan PPKM Darurat mengharuskan pembatasan yang meminimalisir aktivitas masyarakat demi melandaikan angka kasus baru pandemi COVID-19 yang masih terus bergerak naik. Oleh karenanya, keberadaan Surat Edaran (SE) yang ditanda tangani langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wirmansyah, berguna sebagai pedoman dan kontrol masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan keselamatan bersama di lingkungan Kota Tangerang.

Melaluinya, Pemkot Tangerang resmi meniadakan kegiatan salat Id dan perayaan takbiran yang biasanya menjadi momen masyarakat berkumpul selama perayaan. Membatasi dan mengantisipasi potensi keramaian, salat Id dan perayaan takbiran diharuskan dilakukan secara terbatas di rumah masing-masing.

“Kegiatan takbiran di masjid, musala, atau takbir keliling ditiadakan. Selain itu salat Id dilaksanakan di rumah masing-masing.” Ungkap Arief R. Wirmansyah, Wali Kota Tangerang.

Kurban 1.jpg

Selain itu, Surat Edaran (SE) tersebut juga mengontrol pelaksanaan kegiatan pemotongan hewan kurban dan pendistribusian daging kurban selama perayaan momen Iduladha. Melaluinya, Pemkot Tangerang mendorong masyarakat untuk melaksanakan kegiatan tersebut di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) yang sudah tersebar banyak titik di Kota Tangerang.

Namun, untuk masyarakat yang tidak bisa menjangkau akses Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R), tetap bisa melakukan pemotongan hewan kurban di lokasi masing-masing dengan syarat penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Tapi jika kapasitas RPH-H sudah penuh, pemotongan hewan kurban boleh dilakukan di luar RPH. Serta masyarakat waktu beli hewan kurban juga perhatikan protokol kesehatannya,” lanjut Arief.

Kurban 3.jpg

Dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, Pemkot Tangerang melarang kehadiran pihak-pihak lain, termasuk masyarakat, selain petugas pemotongan di berbagai titik lokasi. Pemkot Tangerang juga memberlakukan izin pemotongan hewan kurban hanya dapat dilaksanakan selama tiga hari, mulai 11 hingga 13 Dzulhijah atau 21 hingga 23 Juli 2021.

Terkait distribusi daging kurban, Surat Edaran (SE) mengharuskan distribusi dilakukan secara langsung ke rumah-rumah atau lokasi penerima. Sehingga tidak menimbulkan keramaian dan penumpukan masyarakat yang selama ini sering terjadi.

“Daging kurban juga didistribukan langsung ke rumah penerima, supaya tidak terjadi kerumunan pembagian daging di lokasi pemotongan,” pungkasnya.

Surat Edaran (SE) tersebut resmi didistribusikan secara massif kepada masyarakat Kota Tangerang sejak hari ini, Selasa, 13 Juli 2021. Dengan harapan, pemberitahuan jauh-jauh hari seperti ini dapat ditaati dan dipersiapkan oleh masyarakat dalam mendukung perayaan momen Iduladha di tengah PPKM Darurat.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.