Pemkot Tangerang Tingkatkan Kesadaran Warga dengan Operasi Aman Bersama

Berita Kawasan

Pemkot Tangerang Tingkatkan Kesadaran Warga dengan Operasi Aman Bersama

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangerang kembali diperpanjang hingga 26 Juli. Pemerintah Kota Tangerang pun menggelar operasi aman bersama PSBB hingga tiga hari ke depan dengan menerjunkan para pegawai dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di 13 kecamatan.

Salah satunya di wilayah Kecamatan Cipondoh pada 13 Juli 2020. Terdapat satuan tugas COVID-19 yang terdiri dari pegawai lingkup kelurahan dan Kecamatan Cipondoh, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Dinas Perhubungan (Dishub) hingga Satpol PP Kota Tangerang.

Pemkot Tangerang Tingkatkan Kesadaran Warga dengan Operasi Aman Bersama

Camat Cipondoh Rizal Ridollah mengatakan, kegiatan kali ini merupakan hari kedua operasi gabungan yang digelar Pemkot. Menerjunkan para pegawai Pemkot, menghimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah.

“PSBB masih diperpanjang dengan berbagai kebijakan perenggangan. Namun, bukan berarti masyarakat lengah dengan penyebaran Virus Corona yang masih ada di sekitar kita,” tegas Rizal seperti diberitakan tangerangkota.go.id (13/7/2020).

Andrian, seorang pelanggar, mengaku, dirinya lupa membawa masker saat keluar rumah. Selain Andrian, tak sedikit dari para pelanggar merasa tidak betah menggunakan masker hingga acuh dengan protokol kesehatan. “Tadi saya dihukum nyanyi Indonesia Raya. Besok-besok ngak mau lupa lagi. Malu, kalau dihukum-hukum gini lagi,” katanya.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Siap Terapkan Adaptasi New Normal]

Diketahui dalam operasi aman bersama PSBB, para pegawai menghentikan laju kendaraan yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Kemudian dilakukan pendataan pelanggar, dengan menggunakan aplikasi Sigacor yang dihadirkan Dinas Kominfo Kota Tangerang.

“Diskominfo sudah meluncurkan Aplikasi Sigacor yang kemarin sempat digunakan tingkat RT RW untuk pendataan dan koordinasi penanganan COVID-19 di Kota Tangerang. Tapi kali ini, digunakan untuk mendata beragam pelanggaran. Salah satunya mendata para pelanggar yang tak menggunakan masker,” jelas Mulyani, disela pantauannya di lapangan.

Dengan adanya operasi aman bersama PSBB, diharapkan masyarakat semakin disiplin dan tidak acuh dengan protokol kesehatan. Kedisiplinan kita semualah yang akan membawa kita pada kondisi yang semakin baik lagi di masa depan.

Pemkot Tangerang Tingkatkan Kesadaran Warga dengan Operasi Aman Bersama

Sebelumnya pada Jumat 10 Juli 2020, Pemkot Tangerang juga melakukan Operasi Aman Bersama PSBB di 104 titik, di 13 Kecamatan secara serentak. Lurah Sudimara Timur Kaharudin Yunus mengungkapkan, para pegawai bersama satgas COVID-19 memantau dan menindak para pelanggar dengan sanksi sosial membersihkan lingkungan.

"Situasi PSBB dengan banyak kebijakan pelonggaran, membuat masyarakat banyak yang acuh dengan kepatuhan protokol kesehatan. Disini, pegawai dikerahkan untuk menegur dan memberi sanksi dengan menyapu jalanan," ungkap Kaharudin.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Baznas & SMPN 28 Kota Tangerang Lakukan Disinfeksi]

Katanya, Operasi Aman Bersama ini, juga difokuskan dijalan-jalan perumahan. Dikarenakan, banyak masyarakat yang acuh dengan protokol kesehatan di lingkungannya sendiri. "Masyarakat lalai dengan pengenaan masker. Padahal di lingkungannya sendiri yang lebih membahayakan kesehatan keluarganya sendiri. Di sini semua ditindaktegas," katanya.

Pantauan lapangan, banyak dari pelanggar beralasan lupa membawa masker, jarak pergi yang dekat. Tak sedikit, para pelanggar membawa masker tapi malas mengenakan masker.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 2 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di qqharian yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">QQHarian</a>